loader

Puncak HUT Kabupaten Lahat ke 153 Perayaan ke XXIV

Foto
Sambutan Bupati Lahat, Cik Ujang SH pada acara pucak HUT Kabupaten Lahat ke 153

LAHAT, GLOBALPLANET - Bumi Seganti Setungguan genap berusia 153 tahun. Puncak acara pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lahat digelar sidang paripurna X masa persidangan ke tiga dalam rangka HUT Kabupaten Lahat ke 153 perayaan ke XXIV tahun 2022, di gedung DPRD Kabupaten Lahat. 

Sidang dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Lahat, Fitrizal Homizi ST MSi. Momen HUT ke 153 ini, mengusung tema "Bersama seluruh elemen masyarakat memanfaatlan infrastruktur yang telah dibangun untuk mengentaskan kemiskinan, memantapkan pembangunan bidang ekonomi, sosial, budaya dan tuntaskan vaksin. Masyarakat Sehat, masyarakat sejahtera, Lahat Bercahaya". 

Fitrizal mengungkapkan, hari jadi Kabupaten Lahat ditetapkan pada tanggal 20 Mei 1869 dan diperingati setiap tahunnya dan dirayakan oleh seluruh masyarakat. 

"Sidang paripurna sebagai wujud syukur. Cita-cita dan harapan kita bersama, semoga dibawah pimpinan Bupati Lahat Cik Ujang SH dan Wabup Lahat  H Haryanto SE MM MBA  beserta jajarannya akan semakin maju dan Bercahaya,"ujarnya, Jumat (20/5/2022). 

Momen sidang paripurna ke X masa persidangan ke 3 dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Lahat ke 153 tahun 2022

Sementara, Bupati Lahat, Cik Ujang SH mengucapkan selamat HUT Kabupaten Lahat ke 153. Atas nama Pemkab Lahat dan masyarakat Kabupaten Lahqt sangat bangga, pada momen inu Gubernur Sumsel H Herman Deru telh mengikutindan hadir secara virtual pada acara HUT Kabupaten Lahat. Momen ini HUT kali ini, kata Cik Ujang momen yang khusus, karena pada tauun inu bisa dilaksanakan kembali seperti sediakala, yang mana dua tahun terakhir tidak bisa dilaksanakan seperti ini karena terhalang pandemi Covid-19. 

"Berkat usaha bersama kita bisa menanggulangi penyebaran Xovid-19 di Kabupaten Lahat, sehingga Kabupaten Lahat bisa berada di zona hijau dan zero kasus positif Covid-19 sekarang ini,"terangnya. Seraya mengatakan, untuk capaian vaksinasi dosis satu 95 persen, dosis dua  71.5 persen dan sosis ketiga atau booster 9.4 persen. 

Masih kata Cik Ujang, pada peryaaan kali ini juga Pemkab Lahat bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Lahat akan melaunching produk innovasi ayam nanas. Yang mana, 1000 kaleng ayam nanas dipersiapkan sebagai bentuk komitemn pemerintah mendukung pembangunan berbasis lokal dan diharapkan dapat menggerakan perekobomian di Kabupaten Lahat. Apalagi, ayam nanas sudah mendapatkan rekor muri dari museum rekor pada tahun 2019 lalu. 

Gubernur Sumse H Herman Deru menyampaikan sambutan pada acara puncak HUT Kabupaten Lahat ke 153 secara virtual

"Kita bersyukur Kabupaten Lahat dianugerahu oleh yang maha kuasa wilayah potensi alam dan lahan yang subur, sehingga bisa menghasilkan berbagai macam komoditi, peternakan, dan lainnya yang menjsdikan surplus pangan dan penghasil kopi di indonesia. Kemudiam juga kaya akan  SDA dan lainnya. Lalu, juga memiliki potensi wisata alam, sejarah kuliner dan aset budaya, sebagai peninggalan nenek moyang dalam bentuk situs megalit yang paling lengkap didunia. 

"Semua potensi kekayaan alam dan budaya yang dianugrahi tuhan ini di
Kabupaten Lahat harus menjadi aset lokal dan nasional untuk kesejahteraan masyarakat,"ungkapnya. 

Dirinya juga bersyukur, slama perjalanan  memimpin Kabupaten Lahat rencana pembangunan daerah bisa dikatakan telah berjalan sesuai harapan, meskipun masih ada persoalan yang menuntut kita bersama untuk diselesaikan dengan baik. Serta perekonimian sekarang juga terus tumbh secara positif,"sampainya.(adv)

Share

Ads