loader

HUT PALI ke-9 Jadi Inspirasi dan Motivasi Membangun PALI Kedepan

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Peringatan Hari Jadi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang ke-9 tahun, harus menjadi inspirasi dan motivasi dalam membangun Kabupaten PALI kedepannya, sehingga masa lalu harus dijadikan referensi untuk masa depan yang lebih baik.

Kabupaten PALI juga diprediksi bakal menjadi kabupaten besar. Hal itu didukung dengan posisi strategis berada di tengah-tengah Provinsi Sumatera Selatan dan memiliki potensi yang cukup banyk untuk dikembangkan.

Bahkan, Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru juga merasa yakin kalau Kabupaten PALI bakal menjadi Brunei-nya Sumatera. Hal itu disampaikannya saat menghadiri Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten PALI dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten PALI yang ke-9, pada Jum'at (22/04/2022).

Selain Gubernur Sumsel, dalam rapat paripurna peringatan hari jadi Kabupaten PALI itu dihadiri Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo MM dan Wakil Bupati PALI, Drs H Soemarjono, seluruh pimpinan dan anggota Dewan DPRD Kabupaten PALI, Forkopimda, Kepala OPD, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Dalam kesempatan itu, Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo MM mengatakan, pembangunan yang telah dicapai Kabupaten PALI,  berkat dukungan semua anggota DPRD, elemen masyarakat dan stakeholder. 

"Akan menjadi sangat istimewa ketika anggota DPRD, masyarakat dan stakeholder lainnya mampu selaras dalam mewujudkan PALI yang lebih baik. Kami juga mengapresiasi kepada semua lapisan masyarakat dan semua lembaga yang telah mendukung program pemerintah yang telah berjalan," ucap bupati.

Bupati PALI mengakui, jika pembangunan yang telah berjalan tidak lepas dari bantuan Gubernur Sumatera Selatan. Buktinya, meski pandemi covid-19, Gubernur Sumatera Selatan tetap membantu pembangunan di Kabupaten PALI. 

"Pada tahun 2020 lalu, gubernur telah membantu Kabupaten PALI sebesar Rp50 miliar lebih dan tahun 2021sebesar Rp80 miliar lebih. Tentu, kami masih berharap dibantu kembali untuk melanjutkan pembangunan yang masih menjadi pekerjaan rumah," harapnya.

Menurut Bupati PALI, Heri Amalindo, masa lalu harus dijadikan referensi untuk masa depan yang lebih baik. "Kita patut bersyukur, peringatan HUT PALI ini sebagai inspirasi dan motivasi dalam membangun PALI kedepan," katanya.

Sementara, Ketua DPRD Kabupaten PALI, H Asri AG mengakui, jika memang telah banyak kemajuan yang telah dicapai dan dirasakan masyarakat di Kabupaten PALI. Seperti di bidang infrastruktur, bidang pendidikan, kesehatan dan lainnya. 

"Kemajuan itu tak lepas dari kinerja kepemimpinan H Heri Amalindo dan H Soemarjono serta dukungan masyarakat dan bantuan dari Gubernur Sumatera Selatan. Untuk itu mari dukung agar PALI mandiri dan lebih maju lagi kedepannya," ajaknya.

Diterangkan Asri AG, sebagai daerah baru tentunya masih banyak kekurangan dan kendala dalam menggenjot pembangunan.

"Kami juga masih banyak membutuhkan dukungan dan bantuan dari Gubernur Sumatera Selatan. Kami berharap Gubernur dapat membantu pembangunan di PALI, seperti pembangunan rumah sakit dan lainnya, agar cepat mengejar ketertinggalan," terangnya.

Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru mengatakan, ia telah melihat betapa banyak potensi-potensi yang dimiliki Kabupaten PALI ini, kalau dikembangkan ia yakin Kabupaten PALI akan menjadi kabupaten besar asalkan rukun dan solid. 

"Menjadi Brunei-nya Sumatera juga bukan tidak mungkin bisa terwujud, karena PALI berada pada segitiga emas Provinsi Sumatera Selatan," kata Gubernur. 

Atas capaian yang telah ditunjukkan Pemerintah Kabupaten PALI dibawah kepemimpinan H Heri Amalindo, Gubernur memberikan apresiasinya, karena telah banyak perubahan yang dialami setelah memisahkan diri dari Kabupaten Muara Enim itu. 

"Keberhasilan ini adalah berkat capaian pemimpinnya dengan didukung seluruh elemen. Dan dari provinsi juga telah membantu Kabupaten PALI;" bebernya. 

Menurut Gubernur, bantuan itu bukan karena gubernur baik, namun memang sangat dibutuhkan masyarakat.

"Seperti contoh pembangunan jalan penghubung PALI-Musi Rawas, dimana jalur itu cukup strategis untuk meningkatkan perekonomian dua daerah itu," tambahnya.

Gubernur juga memuji pegawai di Kabupaten PALI, yang rela menempati kantor yang masih menyewa, karena Pemerintah Kabupaten PALI mengutamakan pembangunan infrastruktur publik. 

"Terus terang saya terharu terhadap pegawai di PALI yang rela mengutamakan pembangunan infrastruktur ketimbang membangun perkantoran. Terlebih lagi anggota dewan yang terhormat juga masih menempati kantor sederhana ini. Tapi mudah-mudahan kedepan Pemerintah Kabupaten PALI segera melaksanakan pembangunan perkantoran agar pelayanan terhadap masyarakat bisa maksimal," pungkasnya.

Share

Ads

Berita Pilihan

Terpopuler