loader

Askolani Terima Penghargaan Dharma Bhakti Pramuka

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi, perhatian dan komitmen orang nomor satu di bumi sedulang setudung terhadap gerakan pramuka.

Penghargaan yang biasa diserahkan Presiden, namun karena kondisi covid-19 ini, maka kali ini penghargaan diserahkan Gubernur Sumsel H Herman Deru selaku Ketua Mabida Gerakan Pramuka Sumsel dalam Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 59 Tingka Provinsi Sumsel di Auditorium Bina Praja Pemprov Sumsel.

Peringatan Hari Pramuka ke 59 tahun 2020 ini mengambil tema "Peran Gerakan Pramuka ikut membantu dalam penanggulangan bencana covid-19 dan bela negara" juga dilakukan launching lagu dan hymne bhakti saka nasional ciptaan Asmirihadi dan pemotongan tumpeng oleh Gubernur HD.

Hadir dalam upacara peringatan hari Pramuka ini,  Wakil Ketua Mabida gerakan pramuka Sumsel Pangdam II Sriwijaya dan Kapolda Sumsel, Ketua Kwarda Sumsel Mukti Sulaiman. 

Dari Kabupaten Banyuasin, hadir Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Banyuasin HM Senen Har, Sekretaris Latip, Nasutman, Alpian Sholeh, Andi Maulana, Hj Martini dan pengurus lainnya.

Yang membagakan, Pengucapan Undang Undang Dasar 1945 dalam upacara peringatan Hari Pramuka ke 59 Rintan Wirnanti, siswa kelas 11 MAN 1 Banyuasin dan pengucapan Dasa Darma Sandra Putra kelas 9 dari SMPN 1 Betung.

"Terima Kasih kepada Kwarnas yang telah memberikan penghargaan Dharma Bhakti Gerakan Pramuka. Penghargaan ini saya dedikasikan kepada masyarakat Kabupaten Banyuasin khususnya pengurus dan anggota Pramuka Kabupaten Banyuasin dari Kwarcab sampai gugus depan," kata Bupati H Askolani.

Penghargaan ini terangnya menjadi motivasi untuk terus mendorong dan memajukan gerakan Pramuka Kabupaten Banyuasin. "Sebagai Kamabicab dan Bupati, saya sangat suport Gerakan Pramuka Banyuasin sesuai kewenangan. Karena Gerakan Pramuka memiliki nilai manfaat yang sangat besar dalam menumbuhkan semangat solidaritas, semangat nasionalisme dan semangat sosial kemasyarakat. Melalui gerakan pramuka inilah karakter anak bangsa ini dibentuk," jjelasnya. 

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengucapkan Selamat dan apresiasi kepada Bupati Askolani dan penerima penghargaan lainnya. Penghargaan kiranya menjadi motivasi bagi semua untuk ikut berperan dalam mendukung gerakan pramuka di wilayah masing-masing. 

Menurut Gubernur, peringatan hari pramuka ini momentum meningkatkan peran gerakan pramuka. Pramuka harus jadi garda terdepan dalam menjaga ideologi bangsa.

"Tema peran gerakan pramuka ikut membantu dalam penanggulangan covid 19 dan bela negara sebagai tema sangat tepat. Mendidik, tertib menjaga kebersihan, masker dan patuhi protokol kesehatan.Dan Pramuka ikut membuat dan membagikan sanitizer dan makanan gratis kepada masyarakat," katanya.

Sumsel terang Gubernur akan menjadi Tuan rumah perkemanahan pramuka bhakti saka tingkat nasional 2022. Sebagai bentuk dukungan, Pemprov menyiapkan lahan seluas 5 hektar di Gandus. "Pramuka berperan dalam mencetak kader bangsa yang akan datang," katanya.

Share

Ads