Berita :: GLOBALPLANET.news

KPUD OKU Timur menggelar bimtek aplikasi pelaporan dana kampanye dan sosialisasi pemasangan alat peraga kampanye, Kamis (20/9/2018). (Foto: Ist)

20 September 2018 10:32:58 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Setiap partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 di OKU Timur diwajibkan melaporkan dana kampanye ke KPUD setempat. Karena dengan adanya laporan akan diketahui dana yang digunakan berasal dari mana.

Demikian disampaikan Ketua KPU OKU Timur Rialdi didampingi Komisioner Sosialisasi, SDM dan Parmas Aldi Ardinsyah, saat bimbingan teknis aplikasi pelaporan dana kampanye dan sosialisasi pemasangan alat peraga kampanye, Kamis (20/9/2018).

Pelaporan dana kampanye sifatnya wajib, sehingga laporan harus benar - benar akurat. Setiap parpol harus membuat rekening dana kampanye dan NPWP per Caleg dana kampanye dilaporkan ke KPU nanti diaudit oleh akuntan publik yang ditentukan oleh KPU RI.

Dari hasil audit akan diketahui asal bantuan dana yang digunakan untuk kampanye. Karena dana yang digunakan harus jelas. “Karena itu kita melaksanakan bimtek ini agar saat penyampaian pelaporan dana kampanye tidak terjadi kesalahan,” ujarnya.

Sedangkan untuk rencana kegiatan dalam pelaksanaan kampanye Pemilu 2019, KPU kabupaten/kota menyiapkan dan memastikan kesiapan - kesiapan dalam fasilitasi tempat untuk kampanye pertemuan terbatas dan pertemuan tatap muka berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat.

Dia menambahkan pertemuan terbatas lokasi di dalam ruangan maupun di gedung tertutup jumlah peserta maksimal 2.000 orang untuk tingkat provinsi dan 1.000 orang untuk tingkat kabupaten/kota.

Sementara Assisten I Setda OKU Timur Dwi Suprianto menuturkan pemkab memberikan dan bantuan - bantuan dan tidak mengintervensi KPU. Situasi pada pemilu terutama pemilihan DPRD Kabupaten biasa akan sedikit memanas sehingga harus diantisipasi. Karena itu KPU diminta untuk membuat aturan.

“Parpol yang ada di OKU Timur harus menjadi tauladan bagi masyarakat. Sehingga masyarakat akan tertarik memilih legislator di daerah ini dan jangan sampai masyarakat menjadi terkotak - kotak. Karena itu harus sama - sama cerdas dalam berpolitik,” ujarnya.

“Kita sudah memberikan bantuan kepada KPU meskipun belum maksimal mengingat keterbatasan anggaran,” kata dia menambahkan.

Reporter : Dadang Dinata Editor : Agus Rizal 246