Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi (Foto: Ist)

23 September 2018 12:49:15 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lahat telah menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Dari 538 calon tetap, tercatat ada sebanyak delapan kepala desa (kades) yang ikut bertarung memperebutkan 40 kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat.

Ketua KPUD Lahat, Syamsulrizal Nasir mengatakan untuk caleg berstatus pejabat harus mengundurkan diri. Baik gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, kades, perangkat desa yang mencakup staf yang membantu kades, ASN, TNI, Polri, dan pejabat BUMN serta BUMD.

Sebelum dikeluarkannya DCT, terdapat 10 kades yang tedapat pada Daftar Calon Sementara (DCS). “Dua kades sudah mengundurkan diri dari caleg dan delapan lainnya ikut serta dan telah mengundurkan diri dari jabatannya,” ucapnya. Minggu (23/9/2018).

Kedelapan kades itu ialah Kades Karang Anyar, Kades Tanjung Agung, Kades Jadian Lama, Kades Perangai, Kades Kebur, Kades Pagar Agung, Kades Banjar Negara, dan Kades Lawang Agung.

“Delapan kades itu sudah mengundurkan diri dari jabatannya. Selanjutnya untuk pergantian rekomendasi dari camat yang diusulkan ke bupati,” Kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Lahat, Pauzan Khoiri melalui Kabid Wilayah Sdmibistrasi Pemerintah Desa, Otmansyah.

Untuk pelantikan akan dilimpahkan kepada kecamatan masing - masing. “Kita memang minta disegerakan, guna mengisi kekosongan jabatan. Biasanya untuk jabatan sementara dari ASN Kabupten Lahat,” ucapnya.

Reporter : Ferry Andhika Editor : Agus Rizal 127