Berita :: GLOBALPLANET.news

Pj Gubernur Sumsel Hadi Prabowo saat berbincang dengan sejumlah pejabat Pemprov Sumsel. (Foto: Ist)

28 September 2018 17:38:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Kebijakan terkait kewajiban pakaian dinas bagi Aparatus Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel. Seragam dinas PNS terbaru akan terdiri dari warna coklat muda (Khaki), kemeja putih dan menggunakan batik.

Rincian aturan pemakaiannya yakni, Senin PDH warna khaki, Selasa-Kamis baju warna putih hitam, Kamis-Jumat pegawai harus mengenakan batik/tenun/pakaian khas daerah.

"Ini hanya kebijakan, bahwa PNS dan honorer di lingkungan Pemprov yang sebelumnya itu Senin-Kamis pakai putih hitam, serta Jumat memakai batik jumputan. Mulai per-1 Oktober mendatang, itu akan berubah menjadi, Senin PDH warna khaki, Selasa-Rabu baju warna putih hitam, Kamis-Jumat pegawai harus mengenakan batik/tenun/pakaian khas daerah," kata, Pj Gubernur Sumsel Hadi Prabowo, saat dibincangi di Pemprov Sumsel, Jumat (28/9/2018).

Ia menjelasakan, perubahan tersebut sebenarnya tidak ada yang berubah, tetapi hanya pengembalian yang semula. Karena sebelumnya memakai putih hitam itu memakai PDH warna Khaki.

"Sebenarnya pebijakan ini bukan berubah, tetapi pengembalian seperti awal saja, sebelum diwajibkan pakai putih hitam kan sudah menggunakan PDH warnah Khaki," ujarnya.

Menurut Hadi Prabowo, selain hari Senin sampai Rabu seluruh pegawai Pemda itu menggunakan PDH warna Khaki dan putih hitam, maka tak kalah pentingnya juga pada hari Kamis-Jumat, seluruhnya itu diwajibkan menggunakan pakaian batik bermotif jumputan. Karena kain jumputan tersebut merupakan kain khas dari Palembang.

"Karena kain jumputan khas Palembang maka, disarankan untuk memakai batik bermotif jumputan, hal ini secara tidak langsung bisa mengangkat potensi daerah, ini kaitannya dengan para UMKM yang ada di Palembang," pungkasnya.

Reporter : Adi Kurniawan Editor : M.Rohali 761