Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketua PSHT Cabang Pagaralam Marjohan Derah, Ketua Dewan Pengesah PSHT Pusat Syaeful Hakim, Korwil PSHT Sumsel Kirno Sujianto saat pengesahan warga baru PSHT Pagaralam, Minggu (30/9/2018). (foto: yayan darwansyah/globalplanet)

30 September 2018 10:11:00 WIB

PAGARALAM, GLOBALPLANET - Di sekeliling gedung Balai Kota Pagaralam dipenuhi pendekar ‎berpakaian hitam, yang membuat masyarakat Pagaralam heran. Ternyata, para pendekar ini adalah warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) yang berkumpul untuk pengesahan warga baru.

Ketua PSHT Cabang Pagaralam Marjohan Derah mengungkapkan, ‎sejak terbentuk kepengurusan sendiri, PSHT Cabang Pagaralam sudah memiliki 700 lebih warga. Dimana, kali ini disahkan sedikitnya 76 warga baru. Diharapkan, pengesahan ini dapat menambah warga yang dapat menjalin hubungan kekeluargaan ini.

"Alhamdulillah kita mengesahkan 76 warga baru. Pasalnya, PSHT ini bukan hanya pencak silat semata, tetapi sangat menjunjung tinggi nilai persaudaraan. Untuk itulah, mereka yang lolos baru bisa menjadi warga PSHT," kata Marjohan, Minggu (30/9/2018).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pagaralam ini, PSHT adalah organisasi persaudaraan yang mendidik dan mengajarkan keluruhuran budi‎. Sangat mengajarkan tata krama, kesopanan, berperilaku yang baik, saling membantu, menolong yang lemah dan paling utama menolong diri sendiri dari kejahatan.

"Kami berharap warga yang baru disahkan bisa mengamalkan ajaran yang kita junjung tinggi. Selalu rendah hati dan mengedepankan nilai budi luhur," ungkapnya.

Selain itu, tambah Marjohan, PSHT Cabang Pagaralam siap memunculkan atlet bela diri untuk menghadapi perlombaan. Apalagi, prestasi PSHT sudah terlihat baik di nasional maupun internasional. Dengan adanya warga baru diharapkan serius berlatih hingga nanti bisa mengharumkan nama baik PSHT.

"Kita siap menciptakan atlet bela diri yang baik. Untuk itulah, latihan rutin digelar baik di sekolah, tingkat ranting dan lainnya. ‎Kita optimis kedepan akan ada atlet dari PSHT yang muncul mengingat minat belajar yang cukup antusias di Kota Pagaralam ini," tuturnya.

Pengesahan 76 warga baru PSHT Cabang Pagaralam dihadiri Ketua Dewan Pengesahan PSHT Pusat Mas Syaeful Hakim, Korwil PSHT Sumatera Selatan Mas Kirno Sujianto, Asisten II Pemkot Pagaralam, Ketua PSHT Cabang Lahat, Ketua PSHT Cabang Musi Rawas dan seluruh pengurus perguruan silat di Kota Pagaralam.

Reporter : Yayan Darwansah Editor : Taufiq Akbar 366