Berita :: GLOBALPLANET.news

Untuk membantu korban gempa di Palu, Sulawesi Tengah, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mendirikan posko bantuan. (Foto: Ist)

04 Oktober 2018 08:01:00 WIB

PALU, GLOBALPLANET - Untuk membantu korban gempa di Palu, Sulawesi Tengah, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mendirikan posko bantuan. Posko tersebut sudah berdiri sehari setelah gempa dan tsunami di Palu, tepatnya semenjak Sabtu (29/9/2018).

“Sejak kejadian (gempa) kita sudah buka pak. Hari sabtu sudah ada poskonya,” ujar Dony Yoga Perdana, Ketua GAPKI Cabang Sulawesi, dikutip sawitindonesia.com, Rabu (3/10/2018).

Posko berlokasi di Jalan Garuda 34 Palu, Sulawesi Tengah. Menurut Dony, bantuan sudah mulai disalurkan kepada rekan pengurus GAPKI yang terkena dampak Gempa dan Tsunami Palu.

Sementara itu, kata Dony, bantuan kepada masyarakat direncanakan baru disalurkan Rabu ini.

“Hari ini insyaAllah, bantuan disalurkan ke daerah Jalan M Yamin dan Petobo. Memang, kami menunggu hasil survey keamanan dan akses jalan di lapangan,” ujarnya.

Pengurus GAPKI berencana memberikan bantuan berupa terpal, beras, mie instan, air mineral, roti dan pakaian.

“Alhamdulilah, sudah ada bantuan dari rekan-rekan perusahaan perkebunan sawit di sekitar Palu. Adapula bantuan yang direncanakan berasal dari rekan pengurus GAPKI Pusat,” jelasnya.

Dukungan GAPKI ini untuk membantu pemerintah dalam penanganan korban gempa di Palu. Tercatat, saat ini sudah ada 18 negara yang sudah menawarkan untuk memberikan bantuan. 18 negara itu yakni Amerika Serikat, Prancis, Ceko, Swiss, Norwegia, Hungaria, Turki, Uni Eropa, Australia, Korea Selatan, Arab Saudi, Qatar, New Zealand, Singapura, Thailand, Jepang, India, dan China.

Reporter : GlobalPlanet Editor : M.Rohali 179