Berita :: GLOBALPLANET.news

Camat Pagaralam Selatan M Helmi saat melaporkan program di Kecamatan Pagaralam Selatan untuk mendukung visi misi Kota Pagaralam 2018-2023. (foto: yayan darwansyah).

07 Oktober 2018 10:07:00 WIB

PAGARALAM, GLOBALPLANET - ‎Pelayanan prima dapat ditemui di kecamatan, di Kota Pagaralam. Melalui Pelayanan Terpadu Kecamatan (Paten) seperti yang diterapkan Kecamatan Pagaralam Selatan, memudahkan masyarakat dalam pengurusan perizinan. Semua layanan proses perizinan di kecamatan diberikan gratis, kecuali untuk Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL).

Camat Pagaralam Selatan M Helmi mengungkapkan, ‎pelayanan prima diberikan kepada masyarakat dengan program Paten. Dia mencontohkan, izin usaha salon, izin tempat usaha bengkel motor, warung kopi, rental komputer, manisan, pakaian jadi, perdagangan mikro kecil dan menengah bisa dilakukan di kecamatan tanpa ada biaya atau gratis.

"Program paten ini dilaksanakan gratis baik di tingkat kelurahan maupun kantor camat. Kita tidak menentukan tarif atau meminta pembayaran," kata Helmi, kepada globalplanet, Minggu (7/10/2018).

Program paten ini, kata dia, tidak lain untuk membantu masyarakat Pagaralam dalam memudahkan pengurusan berkas dan memiliki usaha. Menurutnya, jika rakyat memiliki usaha akan membuat mereka memiliki penghasilan. Hal ini sesuai dengan visi misi Kota Pagaralam lima tahun kedepan.

"Kita sangat mendukung program wali kota dan wakil wali kota 2018-2023. Dengan moto kerja keras kerja cerdas untuk Pagaralam maju diharapkan dapat memajukan masyarakat Pagaralam," katanya.

Ditambahkan Helmi, untuk semua pelayanan gratis kecuali program PTSL yang memiliki ketentuan pungutan 200.000 perpersil.

Reporter : Yayan Darwansah Editor : Zul Mulkan 240