Berita :: GLOBALPLANET.news

Pemilihan Ketua RW 04 Kelurahan, Kecamatan Martapura OKU Timur berlangsung secara demokrasi. (Foto: Dadang Dinata)

07 Oktober 2018 15:07:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) juga dilakukan secara langsung layaknya pemilihan umum (pemilu). Seperti pemilihan Ketua RW 04, Kelurahan Terukis Rahayu, Kecamatan Martapura OKU Timur yang dilaksnakan secara terbuka dengan pola pemilihan layaknya saat Pilkada.

Panitia dengan sengaja mendirikan tenda dan membuat bilik suara untuk masyarakat di empat RT yang ada di lingkungan RW tersebut.

Pemilihan Ketua RW 04 berlangsung pada Minggu (7/10/2018). Meskipun situasi cukup panas dan dibawah terik matahari namun sejak pagi masyarakat berbondong-bondong dan antusias menyalurkan hak suaranya.

Ketua Panitia Pemilhan Ketua RW 04 Kelurahan Terukis Rahayu, Kecamatan Martapura, OKU Timur Ihsanuddin, mengatakan, masyarakat sengaja mengusulkan agar pemilihan Ketua RW dilakukan dengan cara pemilihan langsung sehingga siapapun yang terpilih itulah Ketua RW pilihan masyarakat.

"Kita berharap dengan pemilihan Ketua RW secara langsung akan memberikan pelajaran yang berarti bagi masyarakat dalam berdemokrasi," ujarnya.

Untuk mata pilih pada pemilihan Ketua RW 04 ini sebanyak 589 mata pilih dari empat Rt di lingkungan Rw 4 Kelurahan Terukis Rahayu. Dari empat Rt hanya Rt 4 yang tidak mengirim calon. Sebelumnya sudah dikakukan rapat disetiap Rt untuk menentukan calon RW yang akan mengikuti pemilihan.

Dari hasil musyawarah warga di setiap RT terpilih satu calon RW. Setiap RT melaporkan calon RW kepada panitia, dari proses itu akhirnya ada tiga calon Ketua RW yang bertarung pada pesta demokrasi ini. Ketiga calon itu Sudarno, Mardian, Sarwijayanta,ungkapnya.

Dari 589 mata pilih sebanyak 413 masyarakat menyalurkan hak suaranya. Dengan perolehan suara calon nomor satu Sudarno 71 suara, calon nomor dua Mardian 170 suara, calon nomor tiga Sarwijiyanta 167 suara tidak sah lima. Selisih antara calon nomor dua dan tiga hanya tiga suara.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 372