Berita :: GLOBALPLANET.news

Pemkab OKU Timur terus melakukan sosialisasi tentang Pelaksanaan Pilkades yang akan dilaksanakan secara serentak pada pertengahan Desember 2018. (foto: ist)

08 Oktober 2018 17:13:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur terus mensosialisasikan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dilaksanakan secara serentak, pertengahan Desember 2018.

Sosialisasi dilakukan terhadap seluruh kepala desa, Senin (8/10/2017) di Bina Praja Pemkab OKU Timur.

"Sekarang kita terus melakukan persiapan, termasuk mensosialisasikan kepada seluruh Kepala Desa (Kades) dan perangkat, kemudian baru ke desa pelaksana Pilkades secara bergilir. Karena ini baru pertama kali dilaksanakan dan menggunakan sistem elektronik, agar paham tata cara pelaksanaannya," ujar Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Setda OKU Timur, Fifi Luthas Bahagia.

Jumlah desa yang melaksanakan Pilkades serentak dengan sistem e-Voting nanti berjumlah 40 desa dari 18 Kecamatan. Untuk teknis pelaksanaan, Bagian Tapem akan bekerjasama dengan Dinas Kominfo. Sementara sudah ada 16 alat untuk 1000 mata pilih disiapkan, dan kemungkinan akan ada enam alat tambahan.

"Nanti akan dibagi lima tahap, tidak bisa serentak. Namun, untuk satu kecamatan dilakukan serentak. Pembentukan tim panitia kabupaten sudah, ada panitia desa dari tiga kecamatan yang belum menyampaikan susunan kepanitiaan. Harapan kami ini sukses,” katanya.

Pelaksanaan pilkades serentak menjadi pilihan karena banyak keuntungan, diantaranya tidak memakan biaya besar, misalnya untuk pengadaan surat suara, kotak suara.

“Mengurangi kerusakan maupun tidak ada kerusakan. Selain itu penggunaan waktu dan tenaga lebih efisien," jelasnya.

Sedangkan, Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Kadiscapilduk) OKU Timur, Sutikman menambahkan pihaknya segera mengeluarkan data kependudukan desa pelaksana Pilkades untuk segera diverifikasi.

"Sudah disiapkan (Data), Minggu depan data kependudukan akan dicetak dan diserahkan untuk diverifikasi oleh desa dan dikembalikan lagi ke Dinas Capilduk untuk diperbaiki kemudian diinput ke DPT," ungkapnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 513