Berita :: GLOBALPLANET.news

Siswi kelas 12 IPS SMAN Sumsel, Leli Anggita  peraih medali perak FIKSI 2018. (Foto: Ist)

08 Oktober 2018 20:40:12 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Salah satu siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Sumatera Selatan (Sumsel), Leli Anggita berhasil mengarumkan nama Sumsel di level nasional dengan meraih medali perak dalam ajang bergengsi Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) di Yogyakarta pada 1-6 Oktober lalu.

Siswi kelas 12 IPS SMAN Sumsel ini berhasil menciptakan produk bando dengan inovasi dari kertas majalah bekas yang tahan air dan awet yang diberi nama B-Mac (Bando Magazine Craft). Meskipun cukup rumit karena menggunakan teknik quilling paper, hasil kerja kerasnya terbayarkan dengan menyisihkan peserta lainnya dan mendapatkan medali perak.  

“Alhamdulillah, saya bisa juara dua. Saya mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp6 juta,” ungkapnya kepada Globaplanet, Senin (8/10/2018).

Leli mengaku, sebelumnya telah melalui berbagai tahapan seperti seleksi di sekolah dengan mengumpulan proposal bisnis, membuat video demo pembuatan produk dan logo produk. Dia memilih B-Mac yang dibuat menggunakan teknik quilling paper dengan mengelola libah kerta menjadi sesuatu yang bermanfaat sesuai dengan tema yang diusung dalam lomba, yaitu “The Power of Innovative Sociopreneurship”. 

“Awalnya sempat gugup, tapi saya tetap berusaha teang dan menampilkan yang terbaik. Alhamdulillah berbuah manis,” ceritnya.

Kepala SMAN Sumsel, Muhammad Ridwan Aziz mengaku, bangga pada prestasi yang diraih oleh salah satu peserta didiknya tersebut. Prestasi ini dinilai bukan hanya membanggakan sekolah tetapi juga Sumsel. 

“Semoga prestasi ini mendorong bangkitnya para wirausaha muda di Sumsel,” ucapnya. 

 

Reporter : Karerek Editor : M.Rohali 157