Berita :: GLOBALPLANET.news

Wabup OKU Timur Fery Antoni SE, meninjau ruas jalan kabupaten penghubung OKU Timur-OKI yang kondisinya rusak parah. (Foto: Dadang Dinata)

09 Oktober 2018 14:11:09 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Kondisi jalan kabupaten yang menghubungkan antara OKU Timur dan OKI dari Desa Cahaya Makmur, Kecamatan Belitang II, OKU Timur menuju Desa Cahaya Negeri, Kecamatan Lempuing Kabupaten OKI rusak parah, Selasa (9/10/2018).

Kerusakan jalan yang cukup parah ini dikeluhkan masyarakat, karena pada saat hujan kondisi berlumpur dan ketika musim kemarau berdebu sehingga sangat mengganggu pengguna jalan. Untuk itu warga sangat mengharapkan pemerintah segera memperbaiki jalan tesebut.

Menanggapi keluhan masyarakat tentang buruknya kondisi jalan ini, Wakil Bupati (Wabup) OKU Timur Fery Antoni SE, meninjau langsung kondisi ruas jalan kabupaten yang rusak tersebut, pada Selasa (9/10/2018).

"Wajar masyarakat mengeluh jalannya memang rusak dan ini harus segera dibangun, agar arus lalu lintas menjadi lancar mengingat potensi perekonomian masyarakat di daerah ini sangat tinggi," ungkapnya.

Panjang jalan yang akan dibangun pada tahun 2019 mencapai kurang lebih enam kilometer untuk pendanaannya berasal dari APBD 2019. Namun untuk nominalnya belum bisa ditentukan karena masih akan diajukan.

"Jika jalan ini dibangun yakinlah perekonomian di daerah ini akan lebih maju dan akses lalu lintas akan lebih lancar," ujarnya.

Kerusakan jalan ini sangat merugikan masyarakat, karena akibatnya ongkos transportasi akan semakin mahal dan jarak tempuh semakin jauh. “Kondisi ini tentu berpengaruh pada meningkatnya harga kebutuhan mengingat ongkos angkutannya semakin mahal,” katanya.

Dampak negatif dari kerusakan jalan ini juga rawan terjadinya aksi kejahatan, karena biasanya kondisi jalan yang rusak dan sepi dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan untuk melancarkan aksi kriminalitas.

“Karena biaya yang dipergunakan untuk pembangunan jalan cukup besar. Untuk itu pembangunannya dilakukan secara bertahap, menyesuaikan dengan anggaran yang ada,” pungkasnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 1250