Berita :: GLOBALPLANET.news

Kadinsos OKU Timur Hj Juwairiyah, SE, MM didampingi Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Jaminan Sosial sekaligus Ketua PPKH OKU Timur Derga Karenza SP, MM, saat mengirimkan bantuan korban Tsunami melalui Bank Sumsel Cabang Martapura, (Foto: Ist)

09 Oktober 2018 17:26:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Dinas Sosial (Dinsos) OKU Timur bersama bersama anggota Program Keluarga Harapan (PKH) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) mengirimkan bantuan dana sebanyak Rp.51.394.700 untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah melalui rekening Bank Sumsel Babel atas nama Sriwijaya Peduli Palu DA.

Bantuan yang diberikan itu merupakan hasil dari pengalangan dana yang dilakukan pada Rabu (3-5/10/2018) di Martapura dan Belitang dengan menggerahkan sebanyak 156 personel gabungan Dinsos, PKH, Tagana, TKSK dan SLRT.

Penyerahan bantuan disaksikan Kadinsos OKU Timur Hj Juwairiyah, SE, MM didampingi Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Jaminan Sosial sekaligus Ketua PPKH OKU Timur Derga Karenza SP, MM, beserta beberapa anggota PKH dan Tagana di Bank Sumsel Cabang Martapura, Selasa (9/10/2018).

Kepala Dinas Sosial OKU Timur Juwairiyah, SE, MM mengungkapkan, kegiatan penggalangan dana ini dilakukan sesuai PP nomor 22 tahun 2008 tentang pendanaan dan pengelolaan bantuan bencana, dan PP nomor 16 tahun 2015 tentang tata cara pengumpulan dan pendanaan sumbangan masyarakat bagi penanganan fakir miskin.

Serta Permensos nomor 11 tahun 2015 tentang SOP pelayanan izin UGB dan PUB dengan sistim online, untuk membantu meringankan beban gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.

Menurutnya sebagai pekerja sosial membantu sesama bukan hanya bagian dari tugas tapi panggilan dari hati nurani untuk terus berbuat baik. Bekerja sesuai koridor hukum dan aturan yang berlaku.

“Untuk itu saya dan tim PKH serta Tagana OKU Timur berinisiatif melakukan penggalangan dana korban bencana di Palu dan Donggala. Alhamdulillah kegiatan ini di respon baik oleh masyarakat, terbukti bantuan yang berhasil dikumpulkan terbilang cukup banyak," ungkapnya.

Sementara Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Sosial sekaligus Ketua PPKH OKU Timur, Derga Karenza SP, MM menambahkan, pengiriman bantuan dana melalui rekening atas nama Sriwijaya peduli Palu dilakukan sesuai dengan surat edaran Gubernur Sumsel nomor 360/2118/1-3/Dinsos/2018 tentang himbauan kepada Bupati/Walikota se-Sumsel untuk turut meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah yang di donasikan melalui Posko bantuan Palu yang berada di Dinas Sosial Provinsi Sumsel yang dibuka mulai 4-19 Oktober 2018.

"Penggalangan dana ini murni bentuk kegiatan sosial kita untuk mengajak masyarakat agar saling peduli kepada sesama terutama yang sedang mendapat musibah. Upaya kita hanya dapat mengumpulkan dana bersama sama masyarakat. Semoga dengan adanya bantuan ini bisa meringankan beban saudara-saudara kita di Palu dan Donggala," imbuhnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 795