Berita :: GLOBALPLANET.news

Suku anak dalam dari Jambi ini terlihat berkemah di kebun kopi warga tidak jauh dari SPBU Perandonan Pagaralam. (Foto: Yayan Darwansah)

11 Oktober 2018 08:34:00 WIB

PAGARALAM, GLOBALPLANET - Masyarakat Pagaralam mendadak heboh, karena ada belasan Suku Anak Dalam (SAD) atau kubu menginap di kebun kopi warga tidak jauh dari SPBU Perandonan. Sontak, hal ini menjadi perhatian masyarakat. Ternyata SAD asal Muara Bungo ini tengah melakukan melangun.

Ketua suku Muhammad (80) saat ditemui di lokasi bermalam mengatakan, pihaknya tengah melakukan tradisi turun temurun sesuai ketentuan adat suku luar Provinsi Jambi. Dimana, pihaknya tengah berduka lantaran ada salah satu keluarga yang meninggal dunia sehingga melakukan melangun dan saat ini tiba di Kota Pagaralam.

"Kami melakukan melangun yakni melakukan perjalanan selama 90 hari perjalanan dari SAD Luar Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Jambi menuju Palembang," kata dia.

Dijelaskannya, melangun merupakan tradisi adat yang wajib dilakukan SAD Luar, apabila ada dalam satu anggota kelompoknya meninggal dunia. Hal ini dimaksudkan agar anggota yang ditinggalkan kerabat tidak dalam luka mendalam.

"Kami ini terdiri dari 10 orang dewasa dan delapan anggota lainnya masih anak-anak. Dimana, perjalanan yang dilakukan sudah 28 hari," bebernya.

Sementara itu, Koordinator Daerah Sinergi Sriwijaya Chapter Pagaralam, Doni Putra Sakti menuturkan, setelah mendapat informasi pihaknya langsung turun untuk melihat. Ternyata, SAD ini melakukan perjalanan dari Muaro Bungo ke Palembang selama 90 hari atau 3 bulan penuh, sebagai adat untuk menghilangkan kesedihan ketika ada salah satu anggota keluarganya yg meninggal.

"Jadi, mereka akan melakukan perjalanan jika ada salah satu anggota keluarga mereka yg meninggal," kata dia.

Dijelaskan Doni, ahamdulillaah, semua anggota keluarga Muhammad dari suku pedalaman Muaro Bungo Jambi sudah memeluk agama islam.

"Kami bersyahadat, kami mengucapkan sholawat nabi, kami membacakan al-fatihah bersama-sama, MasyaAllah dan mendokan mereka agar selamat," jelasnya.

Sebelumnya, kelompok SAD ini terlihat oleh warga Dusun Penantian, Kecamatan Muara Payang, Kabupaten Lahat.

"Suku anak dalam dari Jambi ini terlihat berkemah karena kemalaman dikebun warga antara Dusun Penantian dan Bandar Aji," ujar Ari Marcelina (34) warga Dusun Penantian.

Reporter : Yayan Darwansah Editor : M.Rohali 2645