Berita :: GLOBALPLANET.news

Kadispora Kota Palembang Ahmad Jazuli (Kanan) sedang memegang bendera hendak melepas pesepeda keliling Kota Palembang, Minggu (14/10/2018). (Foto: Rachmad Kurniawan)

14 Oktober 2018 08:38:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Sebanyak 400 pesepeda meramaikan event BEkeREto Jelajoh koTa (Berejo) #3 (session 3) 2018. Kegiatan ini dilepas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Palembang, Ahmad Jazuli di Plaza Monpera, Minggu (14/10/2018).

"Selain dukungan moril kami support penuh kegiatan olahraga seperti ini. Kami sebagai pemerintah kota telah berkomitmen dengan pihak penyelenggara untuk menjadikan ini sebagai agenda rutin," ujar Ahmad Jazuli saat dibincangi Globalplanet.

Ia menginginkan sepeda dapat menjadi moda transportasi pilihan bagi masyarakat.

"Dengan dilepasnya ratusan pesepeda yang akan berkeliling hari ini, Saya berharap masyarakat Kota Palembang tertular untuk mengurangi penggunaan kendaraan berbasis mesin, sehingga kegemaran bersepeda dapat diikuti masyarakat banyak,’ katanya.

Lanjut Jazuli, selain sebagai alat transportasi, sepeda juga bisa menjadi sarana olahraga yang ramah lingkungan dan tidak membuat polusi udara. Dalam waktu dekat ini, tepatnya pada 20 Oktober, juga akan digelar hal serupa namun dalam konsep berbeda. “Kita akan ajak 2000 pesepeda se-Nusantara," lanjutnya.

Ketua Panitia Rachmad Wiyadi menerangkan, bahwa 400 peserta terdiri dari 100 tim/komunitas dan akan terbagi dalam Zona A, B, dan C.

"Sistem yang kita gunakan adalah Challange Race, jadi ada 10 titik poin yang ditempuh. Zona Ilir dan Zona Ulu setiap peserta diberi clue untuk mencapai titik-titik tersebut dan finish di Monpera," terang Rachmad.

Selain Palembang, peserta juga berasal dari berbagai kota bahkan dari luar Sumsel, yaitu Prabumulih, Banyuasin, OI, Jambi, dan Lampung. Ia memilih sepeda, karena ini merupakan sarana transportasi ramah lingkungan, tidak menimbulkan polusi udara, dan membuat sehat.

“Sepeda tidak terlalu cepat, jadi kita bisa mengamati pemandangan dengan lebih detail. Terbukti, saat ini sudah banyak masyarakat yang memilih bersepeda sebagai olahraga yang dilakukan saat weekend,” terangnya.

Dengan slogan 'Payo ke Palembang' , kegiatan ini, start dan finish di Monpera, mulai pukul 07:30 WIB. Peserta diikuti oleh komunitas sepeda dan masyarakat umum. Berbagai hadiah dan doorprize juga sudah disiapkan pihak panitia.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 224