Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi (dok).

18 Oktober 2018 12:51:10 WIB

PALI, GLOBALPLANET - Untuk kesekian kalinya, warga Kota Pendopo, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI krisis air bersih. Kejadian berulang ini terjadi karena kapasitas pompa dan listrik PDAM Lematang Enim tidak tidak ditambah.

Karenanya, air bersih jarang mengalir, membuat pelanggan sering kekurangan pasokan air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Diakui Nawan, warga Talang Ubi, Kecamatan Talang Ubi bahwa air mengalir ke rumah-rumah pelanggan PDAM secara bergilir, dengan tempo tiga hingga empat hari sekali. Dalam sekali mengalur paling lama hanya tiga jam.

“Bayangkan saja hanya tiga jam mengalir dalam tempo tiga atau empat hari sekali, dan terkadang aliran airpun tidak deras. Jika tidak menyiapkan bak penampungan air yang besar, dipastikan tidak akan cukup untuk sampai air mengalir lagi,” ujarnya, Kamis (18/10/2018).

Dede, warga Bhayangkara mengungkapkan, dirinya harus merogoh pengeluaran tambahan demi menyiapkan bak air dengan kapasitas besar.

“Dalam satu rumah, kami ada enam orang, kalau tidak membeli tangki air, tidak bakal cukup. Walaupun ada tangki, terkadang saat air mengalir tidak terisi penuh, karena waktu mengalir cukup singkat,” tukasnya.

Warga mengharapkan PDAM meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan. “Jarang ngalir tapi tetap mahal saat bayar. Untuk kesekian kalinya, kami berharap benahi dan tingkatkan pelayanan dalam pemenuhan air bersih bagi warga,” harapnya.

Terpisah, Manager PDAM Lematang Enim area Pendopo Rusdi, mengakui distribusi aliran air bersih ke Kota Pendopo tersendat akibat kapasitas pompa air dan daya listrik yang kecil. Kondisi tersebut memaksa penyaluran air bersih ke pelanggan digilir.

“Sebenarnya kendala itu bukan kali ini saja, tetapi sudah lama terjadi. Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, kita lakukan penyaluran secara bergilir, ada yang dua hari sekali, ada juga yang lebih tergantung wilayah mana yang banyak membutuhkan air bersih. Namun untuk peningkatan kapasitas pompa air, itu rencananya akan disiapkan Pemkab PALI,” pungkasnya.

Reporter : Eko Jurianto Editor : Zul Mulkan 215