Berita :: GLOBALPLANET.news

Dua siswa SMAN Sumsel (kiri dan kanan) berfoto usai menerima medali perak dalam ajang OPSI 2018 di Semarang beberapa waktu lalu. (Foto: Ist)

22 Oktober 2018 16:54:28 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Siswa asal SMAN Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) kembali mengharumkan nama Sumsel diajang nasional dengan membawa pulang medali perak Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2018.

Medali perak OPSI 2018 ini diraih oleh dua siswa bernama Kgs Muhammad Arsyad dan Muhammad Shiqo Filla setelah menyisihkan 199 finalis lainnya yang berasal dari SMA dan Madrasah Aliyah (MA) se-Indonesia yang dipusatkan di Semarang pada 25-20 Oktober 2018 lalu.

Arsyad dan Shiqo sendiri mengaku, telah menyukai matematika sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dan Taman Kanak-kanak (TK) hingga saat ini. Keduanya berhasil mendapatkan medali perak setelah melakukan penelitian tentang bagaimana menentukan apakah suatu bilangan habis dibagi atau tidak dengan menggunakan nilai multiplier.

“Serius, tidak mudah menyerah, konsisten, dan selalu meminta yang terbaik kepada Allah SWT jadi kunci sukses kita,” ungkap Arsyad didampingi Shiqo kepada Globalplanet, Senin (22/10/2018).

Dijelaskan Arsyad, beberapa tahapan harus mereka lewati dalam ajang OPSI ke 10 tahun 2018 ini, diantaranya mereka harus mengunggah proposal penelitian ke laman resmi OPSI, melengkapi laporan penelitian dari Bab I sampai Bab V dan baru dinyatakan sebagai finalis untuk dikirim ke Semarang.

“Kita masing-masing mendapatkan hadiah berupa sertifikat peserta dan sertifikat sebagai peraih medali perak, serta uang simpanan pelajar sebesar Rp6 juta,” ucapnya.

Sementara itu, Plt Kepala SMAN Sumsel, Muhammad Ridwan Aziz mengungkapkan, rasa bangga dengan prestasi yang telah dicapai anak didiknya sehingga membawa pulang medali perak dalam ajang OPSI 2018.

“Semoga menjadi motivasi bagi siswa lain untuk semangat meraih prestasi terutama di bidang penelitian, agar SMAN Sumsel dapat mencetak para peneliti muda di masa mendatang,” harapnya.

Reporter : Karerek Editor : M.Rohali 64