Berita :: GLOBALPLANET.news

Bupati Lahat Marwan Mansyur SH MM saat melantik direktur PDAM Tirta Lematang dan Direktur Hotel Bukit Serelo, Kamis (25/10/2018). (foto: ist).

26 Oktober 2018 14:48:00 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET - Bupati Lahat Marwan Mansyur melantik saudara kandungnya, Cholil Mansyur menjadi Direktur PDAM Tirta Lematang. Marwan menepis dugaan menyalahi permendagri terkait, karena telah melalui proses uji kelayakan.

Permendagri dimaksud yakni Nomor 37 Tahun 2018, tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Dewan Pengawas, atau Anggota Komisaris dan Anggota Direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Diduga pelantikan ini tidak sesuai dengan dua pasal 35 hurup h dan j, yanki tentang usia dan mengenai tentang dihukum.

"Perusahaan daerah dan perusahaan air minum menjadi kewenangan dan tanggung jawab pemerintah daerah. Bukan berarti kita mengabaikan peraturan perundang-undangan," ujarnya Jumat (26/10/2018).

Marwan berdalih, tujuan utama pengangkatan Cholil dapat mencapai visi dan misi perusahaan daerah itu. Dirinya merasa tidak mengesampingkan aturan, dan tetap menjalankan mekanisme.

"Memang dalam ketentuan dan aturan, ada beberapa ketentuan yang kadang walau pun persyaratan terpenuhi dan sebagainya, tetapi personnya tidak. Kedua Direksi ini dalam menduduki jabatan ini karena kepercayaan pimpinan dan mekanisme melalui fit and propertes test sudah kita jalankan," katanya.

Reporter : Ferry Andika Editor : Zul Mulkan 70