Berita :: GLOBALPLANET.news

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang Ratu Dewa. (foto: rachmad kurniawan).

29 Oktober 2018 19:30:50 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Pemkot Palembang segera berlakukan peraturan baru mengenai seragam dinas yang dikenakan pegawai. Sesuai dengan regulasi yang ditetapkan Kemendagri dan beberapa wilayah di Indonesia telah menerapkannya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, perubahan seragam juga tidak lepas dari peranan dan keinginan pemangku adat daerah masing-masing.

"Pakaian batik sebelumnya dipakai hari Kamis diganti hari Jumat. Hari Kamis itu untuk pakaian adat Palembang, sementara hari Senin-Rabu tetap seragam warna kuning kaki, tapi ada tambahan pangkat di bagian bahunya sesuai golongan yang akan," ujar mantan Kabag Humas Setda Provinsi Sumsel, Senin (29/10/2018).

Masih kata dia, penambahan lambang pangkat pada seragam dilambangkan dengan berbagai bentuk seperti untuk golongan 4A dengan lambang satu melati 4B dua melati dan begitu seterusnya. "Kepala dinas ada balok 2 buah dan list merah sedangkan wali kota list merah saja tanpa balok," jelasnya.

Perubahan diterapkan November 2018 mendatang. Ia menambahkan, di hari-hari tertentu setiap dinas yang memiliki induk di Kementerian juga menerapkan seragam yang ditetapkan oleh induk Kementeriannya. "Misal Dinas Perhubungan mengikuti Kementerian Perhubungan untuk mengenakan pakaian warna biru," tutupnya

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Taufiq Akbar 1555