Berita :: GLOBALPLANET.news

Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kota Palembang Andy Ashar, Selasa (30/10/2018). (Foto: Rachmat Kurniawan)

30 Oktober 2018 14:11:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Pelayanan Fasilitas Kesehatan (Faskes) di seluruh Rumah Sakit baik swasta maupun milik pemerintah dan Fasilitas layanan kesehatan lainnya melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) akan terus dioptimalkan.

Menurut Asisten I Bidang Pemerintahan Sulaiman Amin, sosialisasi kepada peserta BPJS akan diperbanyak guna meningkatkan pemahaman hak dan kewajibannya masing-masing. Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan, RS perlu mengatur akses informasi pelayanan kepada pasien, khususnya bagi peserta JKN.

”Saat ini ada layanan rujukan online yang diuji coba pada 1 November dan akan dievaluasi, agar masyarakat tak perlu lagi berbondong-bondong ke Rumas Sakit selama mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai dengan haknya," tutur Sulaiman, Selasa (30/10/2018)

Terkait hal tersebut maka penting bagi masyarakat mengenai hak dan kewajiban, prosedur pelayanan karena tahun depan tidak ada lagi Jamsoskes, semua dipadukan di dalam KIS (Kartu Indonesia Sehat).

"Sekarang progres layanan sudah terpadu, dan dipermudah sesuai kelasnya," ujar dia.

Kepala Kantor Cabang BPJS Kota Palembang Andi Ashar mengatakan ada 2 kemudahan yang diberikan oleh layanan rujuk online. "Pertama, masyarakat tak perlu membawa surat rujukan saat ke rumah sakit, kedua bisa tahu lebih detail rumah sakit mana yang bisa menangani penyakit yang dialami," kata dia.

Aplikasi bernama Mobile JKN bisa di download pada android, masyarakat bisa melakukan pendaftaran JKN secara online serta yang ingin merubah Faskes (Fasilitas Kesehatan) di BPJS Kesehatan. "Misal tak cocok dengan Puskesmas A bisa pindah ke Puskesmas B," tutupnya

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 205