Berita :: GLOBALPLANET.news

Pengambilan sampel air di Danau Tebat Gheban Kota Pagaralam dilakukan Dinas Lingkungan Hidup. (Foto: Yayan Darwansah)

31 Oktober 2018 12:17:00 WIB

PAGARALAM, GLOBALPLANET - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pagaralam mengambil 9 sampel air yang diambil dari 9 titik sungai di dalam Kota Pagaralam, hal ini untuk melihat kualitas air apakah tercemar limbah atau tidak.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan DLH Kota Pagaralam Gusroni Kadir mengungkapkan, sebelumnya kualitas udara dicek. Saat ini, pihaknya mengecek kualitas air di sembilan titik untuk dipantau kondisinya.

"Memang untuk potensi pencemaran di sini sangat kecil, karena tidak ada perusahaan besar seperti pabrik atau lainnya. Namun, upaya ini dilakukan untuk terus memantau kondisi sungai di Kota Pagaralam," kata Gusroni, Rabu (31/11/2018).

Sembilan titik pantau yang diambil sampel, kata Gusroni antara lain, Instalasi Pengelolahan Air Limbah ( IPAL) Pabrik Teh PTPN VII, IPAL RSUD Besemah, Air Tebat Mayan, Air Tebat Gheban, Sungai Selangis Besar, Sungai Air Besemah, Sungai Lematang, Sungai Endikat dan Sungai Air Cawang.

"Untuk sampel ini kita kirim ke laboratorium di Palembang untuk dicek. Jika ada hasilnya nanti akan kita tindaklanjuti," tegasnya.

Ditambahkan Gusroni, untuk kondisi sungai di Kota Pagaralam masih tergolong aman. Namun, untuk anak sungai di dalam perkotaan sudah banyak sampah. Diharapkan, masyarakat tetap menjaga kondisi sungai ini agar Kota Pagaralam tetap bersih.

Reporter : Yayan Darwansah Editor : M.Rohali 120