Berita :: GLOBALPLANET.news

Petugas menurunkan logistik pemilu 2019 berupa kotak suara dari atas truk untuk disimpan di gudang penyimpanan milik KPU OKU Timur, Minggu (4/11/2018). (foto: dadang dinata).

04 November 2018 09:17:20 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - KPU OKU Timur, Sumatera Selatan telah menerima kiriman logistik pemilu 2019 berupa kotak suara. 11.055 kotak suara langsung disimpan di gudang bersama 5.918 bilik yang telah tiba sebelumnya.

Ketua KPU OKU Timur Rialdi S.Sos mengatakan, saat ini lembaga yang dipimpinnya baru menerima logistik akan dipergunakan pada Pileg dan Pilpres 2029 berupa bilik dan kotak suara. Bilik suara yang sudah diterima sebanyak 5918 unit dan kotak suara sebanyak 11.055 kotak, jumlah itu sesuai dengan kebutuhan.

“Baik bilik maupun kotak suara didistribusikan oleh KPU RI dengan menggunakan mobil angkutan ekpedisi milik kantor Pos Indonesia,” katanya Minggu (4/11/2018).

Penyimpanan bilik maupun kotak suara dilakukan setelah disterilkan dan untuk memastikan keamanan logistic, gudang dijaga petugas dari KPUD. "Kita pastikan logistik yang sudah ada aman karena kita simpan di gudang dan dijaga oleh petugas kita," ungkapnya.

Sementara untuk Alat Peraga Kampanye (APK), saat ini masih dalam proses tender di KPU Sumsel. Karena untuk ukuran maupun bentuk APK, sudah ada ketentuan sehingga KPU kabupaten hanya menerima distribusi dari KPU Provinsi. "KPUD kabupaten hanya menerima dari KPU pusat dan KPU Sumsel, sehingga seluruh proses pembuatan APK dilaksanakan oleh KPU provinsi," ungkapnua.

Sedangkan untuk kotak suara lama yang terbuat dari aluminium sebanyak 5.440, masih tersimpan dengan baik menunggu proses izin lelang dari KPU Pusat.

Reporter : Dadang Dinata Editor : Zul Mulkan 146