Berita :: GLOBALPLANET.news

Salah satu pengendara saat menjalani sidang ditempat lantaran terjaring Operasi Zebra karena melakukan pelanggaran dalam berlalu lintas. (Foto: Amarullah Diansyah)

07 November 2018 11:10:58 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Petugas gabungan dari Sat Lantas Polres Muba, Dishub Muba, Samsat Sumsel, Kejaksaan Negeri Muba, Pengadilan Negeri Muba, dan Sub Denpom Persiapan Muba menggelar razia Operasi Zebra di Jalan Lingkar, Kelurahan Balai Agung, Kecamatan Sekayu, Rabu (7/11/2018).

Dalam operasi yang digelar mulai dari pukul 08.00 WIB - 12.00 WIB ini, puluhan kendaraan yang terjaring razia dan langsung menjalani sidang di tempat. Dimana pengendara yang ditindak bukan hanya melanggar peraturan lalu lintas dan tanpa kelengkapan kendaraan maupun surat.

Selain itu, kendaraan yang tidak membayar pajak, tidak membayar KIR, hingga melebihi muatan, terutama kendaraan angkutan barang juga tidak lepas dari target operasi.

"Razia gabungan sidang ditempat ini sudah dilakukan untuk hari kedua kita laksanakan sejak Operasi Zebra berlaku," ujar Kepala Dinas Perhubungan Muba, Pathi Ridhuan, melalui Kabid LLAJ A Wendiansyah.

Untuk kendaraan yang tidak memiliki SIM, STNK, maupun kelengkapan lainnya, setelah menjalani sidang di tempat dapat langsung membayarkan denda di Bank BRI. Sedangkan kendaraan yang terlambat membayar pajak, langsung diminta membayar pajak ditempat karena ada petugas Samsat.

"Kalau untuk kendaraan yang belum atau mati KIR, kita arahkan untuk mengurus atau membayar KIR di Terminal Randik. Semuanya ditilang dan sudah di tempat," jelas dia.

Sementara, Kasat Lantas Polres Muba Candra Kirana Putra mengatakan, Operasi Zebra bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, meminimalisir kecelakaan lalu lintas, mewujudkan keselamatan serta kelancaran dan ketertiban berlalu lintas.

"Sepanjang digelarnya Operasi Zebra 2018, masih ditemukan banyak pengendara yang masih melanggar peraturan berlalu lintas. Kita berharap kedepan pengendara jauh lebih tertib dan menjadi pelopor keselamatan barlalu lintas," tandas dia.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : M.Rohali 107