Berita :: GLOBALPLANET.news

Wakil Walikota Palembang didampingi kepala dinas dan pejabat Kecamatan Bukit Kecil saat meninjau lokasi, Rabu (7/11/2018). (Foto: Rachmad Kurniawan)

07 November 2018 12:55:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda menyempatkan diri untuk meninjau beberapa tempat sampah di Kawasan Jalan Tua Pati Naya, Kelurahan 24 Ilir, Palembang, Rabu (7/11/2018). Di tempat tersebut terlihat tumpukan sampah di TPS liar yang sudah sangat mengganggu aktifitas masyarakat.

Di lokasi juga terdapat bekas kantor PDAM Palembang yang tak lagi difungsikan. Tempat bank sampah yang ada disekitar pun turut jadi perhatian karena kondisinya sudah usang.

Ditambah lagi daerah aliran sungai (DAS) yang sebelumnya sudah dibersihkan melalui kegiatan gotong royong pada dua bulan yang lalu, saat ini kondisinya sudah dipenuhi tumpukan sampah.

"Meskipun sudah ada TPS nya di dekat DAS ini namun masih ada tumpukan sampah di luar. Ini jelas jadi perhatian saya untuk menangani menyelesaikan masalah sampah," kata dia

Melihat kondisi di dua tempat sampah tersebut, Wawako akan segera mengambil langkah dengan memanfaatkan kantor bekas PDAM untuk di jadikan UPTD kebersihan dan menempatkan beberapa tim guna memantau sampah yang ada di kawasan tersebut.

"Tadi di sebelah sana (belakang PIM) ada bekas kantor PDAM yang tidak digunakan lagi, itu akan dijadikan UPTD kebersihan. Saya yakin kalau TPS liar ini kita rapikan masyarakat tak ada lagi buang sampah kesini," ucapnya.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Palembang Faizal AR, untuk menangni kebersihan ini butuh kesadaran masyarakat, jika kesadaran masyarakat rendah maka sulit membuat lingkungan bersih.

"Dengan jumlah pegawai kebersihan 350 orang dan 108 truk pengangkut sampah, kami tak mampu untuk mengangkut semua sampah yang bertumpuk di Kota Palembang,” ujarnya.

Dikawasan 24 Ilir selalu ada 2 unit truk yang bertugas pagi dan sore. Pihaknya mengimbau masyarakat jangan membuang sampah sembarangan. “ Buanglah sampah pada tempat yang telah disiapkan," pungkasnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 74