Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi: Ist

08 November 2018 08:49:00 WIB

EMPAT LAWANG, GLOBALPLANET - Logistik Pemilihan Legislatif (Pileg), Dewan Pertimbangan Daerah (DPD) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) mulai didistribusikan di Kabupaten Empat Lawang, namun dari jumlah logistik yang diterima sampai dengan saat ini masih terdapat kekurangan.

Komisioner KPU Empat Lawang Divisi Logistik dan Keuangan Mobius Alhazan saat dikonfirmasi membenarkan logistik yang diterima masih terdapat kekurangan. Dikatakan Mobius, logistik Pileg dan Pilpres Minggu lalu sudah tiba di KPU Empat Lawang namun berangsur mulai dari Bilik Suara dan Kotak Suara.

“Minggu kemaren sudah ada logistik yang masuk namun bergelombang datangnya atau perekspedisi diantar dan memang dari logistik yang ada masih ada kekurangan,” ungkapnya, Kamis (8/11/2018).

Kendati demikian lanjut Mobius, kekurangan logistik tersebut sudah dilaporkan kepada KPU Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Mobius sendiri mengkui kekurangan logistik untuk Kabupaten Empat Lawang karena jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang naik drastis ketimbang saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Jumlah TPS untuk Pileg, DPD dan Pilpres beda dengan saat Pilkada kemaren, kalau Pilkada lalu ada 545 TPS sedangkan untuk Pileg jumlah TPS sekitar 930,” jelas Mobius.

Masih kata Mobius, jumlah bilik suara diterima 2.794, sedangkan jumlah yang dibutuhkan 3.724, total kekurangan berjumlah 930. Sedangkan untuk kotak suara diterima 3.200 sedangkan jumlah dibutuhkan 4.766 , total kekurangan 1.566.

“Per TPS untuk Pileg, DPD dan Pileg maksimal 300 Mata Pilih, apabila lebih dari 300 Mata Pilih dipecah atau ditambah TPS, itulah kenapa jumlah TPS untuk Pileg ini mengalami penambahan cukup drastis,” tambahnya.

 

Jumlah Bilik Suara Diterima : 2.794

Jumlah Bilik yang Dibutuhkan : 3.724

Jumlah Kekurangan Bilik Suara : 930

Jumlah Kotak Suara diterima : 3.200

Jumlah Kotak yang dibutuhkan : 4.766

Jumlah Kekurangan Kotak Suara : 1.566

Reporter : Rody Hartono Editor : M.Rohali 64