Berita :: GLOBALPLANET.news

Personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres OKU Timur saat menggelar operasi Zebra. (Foto: Dadang Dinata).

08 November 2018 13:09:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Selama sembilan hari pelaksanaan Operasi Zebra 2018, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres OKU Timur sudah mengeluarkan sekitar 320 surat tilang, terhadap pelanggar lalu lintas.

“Berdasarkan jumlah surat tilang yang dikeluarkan itu sebagian besar pengendara roda dua yang dominan melakukan pelanggaran selama pelaksanaan operasi zebra,” kata Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH, SIK melalui Kasat Lantas AKP Beni Nofiza, Kamis (8/11/2018).

Lanjutnya, Operasi Zebra akan dilaksanakan hingga sampai 12 November 2018. Pelanggaran pengendara roda dua meliputi, tidak memakai helm dan mengendarai sepeda motor di bawah umur. “Sedangkan untuk pengendara roda empat yang ditindak mayoritas karena tidak mengenakan sabuk pengaman," terangnya.

Pelanggar yang tidak memakai helm selama pelaksanaan Operasi Zebra akan diberikan helm secara gratis untuk menumbuhkan kesadaran pengendara akan pentingnya menggunakan helm selama berkendara.

Pemberian helm tersebut dilakukan saat Operasi Zebra Musi 2018 yang digelar di Simpang Lingot Kecamatan Martapura. Selain membagikan helm kepada pengendara, polisi juga menindak serta meningkatkan sejumlah pengendara yang tidak taat peraturan lalu lintas.

"Kita mengingatkan masyarakat untuk mentaati peraturan lalu lintas. Kecelakaan Lalu Lintas serta akibat dari kecelakaan tersebut sebagian besar disebabkan oleh pengendara yang lalai yang tidak taat peraturan," tambahnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 60