Berita :: GLOBALPLANET.news

Divisi Pengawasan Humas dan Hubungan Antar Lembaga, Andri Logan SE. (Foto: Rody Hartono)

08 November 2018 13:19:15 WIB

EMPAT LAWANG, GLOBALPLANET - Dua Kecamatan di Kabupaten Empat Lawang dinilai paling banyak terdapat pelanggaran pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) Calon Legislatif (Caleg) karena tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan

Hal tersebut disampaikan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Empat Lawang Divisi Pengawasan Humas dan Hubal (Hubungan Antar Lembaga), Andri Logan SE kepada wartawan, Kamis (8/11/2018).

“Tempat yang tidak boleh dipasang APK sudah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan umum (PKPU) No 28 Tahun 2018 tentang kampanye,” katanya.

Tempat-tempat yang tidak diperbolehkan dipasang APK ialah Fasilitas Pemerintahan, Fasilitas umum, Tempat ibadah,dan Tempat Pendidikan, serta Tiang Listrik.

“Saat ini Kecamatan yang paling banyak di dapati Pelanggaran yaitu Kecamatan Tebing Tinggi yaitu banyak APK yang di Tempelkan di Tiang Listrik, sedangkan Kecamatan Pendopo ada APK yang di pasang di Pasar Tradisonal Modern (PTM) Pendopo,” terangnya.

Saat ini, Lanjut Andri Pihaknya sudah melakukan penindakan terhadap temuan-temuan pelanggaran APK yaitu dengan melayangkan surat teguran kepada partai-partai yang melakukan pelanggaran.

“Kita sudah melakukan teguran baik dengan melayangkan Surat teguran maupun menelpon langsung partai yang bersangkutan agar segera melakukan perbaikan terhadap APK yang melanggar PKPU tersebut,” jelasnya.

Sedangkan untuk penertiban lanjut Andri, pihaknya akan bekerja sama dengan pihak Pemerintah untuk menegakkan peraturan baik PKPU maupun Perda.

“Kalau penertiban kita akan Koordinasi Dengan Dinas Pol-PP Empat Lawang sebab pelanggaran yang terjadi bukan hanya melanggar PKPU melainkan juga melanggar Perda tentang Keindahan Kota,” tuturnya.

Reporter : Rody Hartono Editor : M.Rohali 90