Berita :: GLOBALPLANET.news

Azis Saputra, Surya Bima Wicaksono, dan Dewi Mirah Rezki foto bersama.  (Foto: Ist)

08 November 2018 18:01:27 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Tiga siswa asal Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Sumatera Selartan (Sumsel) berhasil meraih juara pertama ajang BAF Innovation Sains Festival PT. Bukit Asam, Tbk 2018, karena berhasil menyulap biji salak dan ampas tebu jadi energy alternative terbarukan

Tiga siswa yang berhasil mengharumkan SMAN Sumsel ini adalah Azis Saputra, Surya Bima Wicaksono, dan Dewi Mirah Rezki yang masih duduk di kelas XII IPA 2. Selain menjadi juara pertama, hasil karya bernama BRIPTU alias Briket Biji Salak Ampas Tebu ini juga menghantar mereka dianugerahi predikat best idea.

Salah satu siswa pemenang bernama Aziz mengungkapkan, rasa prihatin akan sulitnya mendapat pasokan gas elpiji bagi masyarakat yang jauh dari perkotaan dan semakin menurunnya produksi minyak tanah, menjadi ide awal pembuatan energi terbarukan tersebut.

“Energei ini dapat digunakan untuk memasak sehingga dapat mengantisipasi kelangkaan gas elpiji dan minyak tanah,” ungkapnya kepada Globalplanet, Kamis (8/11/2018).

Dijelaskannya, pengambilan biji salak dan ampas tebu karena salak merupakan komoditas perkebunan terbesar ketiga setelah pisang dan nanas, sedangkan ampas tebu juga sangat melimpah.

“Sangat baik kalau dua bahan ini dimanfaatkan guna mengurangi limbah biji salak dan ampas tebu yang selama ini hanya dibuang-buang saja,” paparnya.

Lebih lanjut Aziz menjelaskan, kendala yang mereka hadapi selama penelitian pada aspek keterbatasan alat terutama produksi dalam skala besar karena mesin khusus seperti mesin press hidrolik, mesin pengaduk dan drum klin.

“Alhamdulillah, meskipun sempat terhambat kendala teknis, akhirnya perjuangan kami tidak sia-sia,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SMAN Sumsel,Muhammad Ridwan Aziz mengaku bangga dengan prestasi yang diraih peserta didiknya ini. “Saya yakin prestasi yang ditorehkan di bidang karya tulis ilmiah dapat melahirkan peneliti-peneliti level dunia yang dapat mengharumkan nama Provinsi Sumsel,” harapnya.

Reporter : Karerek Editor : M.Rohali 91