Berita :: GLOBALPLANET.news

Kepala KUA Kecamatan Lahat, Khairul Saleh Alwi SAg, MM. (Foto : Ferry)

09 November 2018 11:35:00 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET - Setelah Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru mengaktifkan kembali tugas Pembantu Pegawai Pencatatan Nikah (P3N). Hal ini disambut baik oleh Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lahat.

Menurut Kepala KUA Kecamatan Lahat, Khairul Saleh Alwi SAg, MM, jumlah penghulu hanya 27 orang se kecamatan lahat dan sering mendapat complain dari masyarakat.

“Pada tahun 2017 saja, angka pemintaan pernikahan untuk di Kecamatan Lahat, mencapai 1.029 pasang, tahun 2018 hingga November mencapai 847 pasang, atau 80 pasang rata rata perbulannya,” katanya, Jumat (9/11/2018).

Jika P3N aktif kembali hal itu tentu akan sangat terbantu. “Sekarang kita punya penghulu hanya empat yang sering dicomplain masyarakat, terlebih saat usai lebaran permintaan menikah sangat tinggi," ujarnya.

Hanya saja, Lanjut Khairul, pihaknya saat ini masih menunggu Peraturan Perundang Undangan (Perpu). Dan akan langsung direalisasikan jika sudah ada keputusan dari pusat.

"Kita mengikuti pemintaan dari atas. Jika sudah ada keputusan akan dilaksanakan rekrutmen ulang untuk khatib," sampainya, sembari mengatakan, untuk yang lama dapat ikut kembali.

Bahwa keberadaan P3N selama ini masih ada. Namun, hanya untuk KUA tertentu saja.

"Keberadaannya (P3N) ada di KUA typelogi D1," ucapnya, sedangkan, KUA terbagi menjadi empat typelogi, Typelogi A,B,C dan D1 untuk daerah plosok.
 

 

Reporter : Ferry Andhika Editor : M.Rohali 93