Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD OKU Timur Sugeng Carvindo. (foto: dadang dinata).

09 November 2018 14:15:14 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Kondisi Kota Terpadu Mandiri (KTM) di Desa Jaya Bhakti, Kecamatan Semendawai Suku III, OKU Timur, Sumsel terancam terbengkalai. Pasalnya, hingga kini KTM belum difungsikan secara tepat.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD OKU Timur Sugeng Carvindo mengatakan, pemerintah yang lama sudah membuka kawasan baru berupa KTM di Desa Jaya Bhakti Kecamatan Semendawai Suku III, dengan tujuan meningkatkan ekonomi masyarakat dan mengembangkan suatu wilayah.

Dan sekarang tugas pemerintah baru harus melanjutkan pengembangan KTM, karena sudah ada fasilitas yang sudah cukup. Fasilitas yang ada belum difungsikan secara maksimal sehingga kesannya ini mubazir.

“Jika KTM difungsikan secara maksimal bisa mendongkrak perekonomian masyarakat. Pemerintah harus mencari inovasi untuk mengembangkan KTM yang pembangunannya menelan banyak anggaran,” ujarnya Jumat (9/11/2018).

Sebelumnya, lahan yang dijadikan lokasi KTM berupa hutan belantara. Dengan adanya program KTM membuat daerah itu menjadi terbuka, sehingga harapan masyarakat KTM ini menjadi magnet yang bisa mendukung kemajuan daerah. "Namun sayangnya sekarang KTM dibiarkan dan tidak dimanfaatkan," jelas politikus PDI Perjuangan ini.

Sementara itu, Kadisnakertrans OKU Timur Elfian Syawal menyatakan, seluruh fasilitas di KTM difungsikan secara bertahap. Kedepan akan memanfaatkan usaha pabrik giling padi melalui BUMDes, sehingga nanti akan meningkatkan perekonomian. Gedung-gedung sudah berfungsi contohnya perpustakaan sudah dipergunakan. "Tentu pemanfaatannya akan kita lakukan secara bertahap, namun akan kita fungsikan seluruhnya," katanya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : Zul Mulkan 615