Berita :: GLOBALPLANET.news

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara saat memimpin Sertijab. (Foto: Ist)

09 November 2018 18:11:19 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara memimpin serah terima jabatan (sertijab) 5 Kapolres dan 4 pejabat utama di jajaran Polda Sumsel, di gedung Catur Prasetyo, Mapolda Sumsel, Jumat (9/11/2018).

Lima Kapolres itu yakni Kapolres Pagaralam yang sebelumnya diemban AKBP Dwi Hartono SIK, MH diserahterimakan kepada AKBP Tri Saksono Puspo Aji SIK, MSi yang sebelumnya adalah Wadir Lantas Polda Babel. Dwi Hartono sendiri bertukar posisi dengan Kapolres Lubuklinggau AKBP Sunandar SIK.

Kemudian jabatan Kapolres OKI yang sebelumnya diemban AKBP Ade Harianto SH, MH diserahterimakan kepada AKBP Donni Eka Syaputra SH,SIK, MH yang sebelumnya sebagai pejabat di Ditlantas Polda Sumsel; Kapolres OKU Selatan yang sebelumnya dijabat AKBP Ferry Harahap SIK, MSi diserahterimakan kepada AKBP Denny Agung Andriana SIK, MH.

Ferry Harahap mengemban jabatan baru sebagai Kapolres Lahat yang sebelumnya dijabat AKBP Robby Karya Adi SIK. Robby Karya Adi menempati jabatan baru sebagai Wadirkrimsus Polda Sumsel.

Kemudian empat pejabat Polda sumsel yang melakukan serah terima jabatan yakni, Kombes Pol Kristiyono SIK, MSi yang mutasi ke SDM Mabes Polri. Penggantinya adalah Karo SDM Polda Jambi Kombes Pol Anthony Agustinus SIK SH. Kemudian jabatan Karo Sarpras Kombes Nelson Purba SIK, MH yang mutasi ke Mabes Polri digantikan Kombes Pol Ir Monto Kristo S StMK dari Polda Sumbar.

Lalu jabatan Direktur Reserse Kriminal Umum yang dijabat Kombes Pol Budi Suryanto SH, MSi bertukar posisi dengan Kombes Pol Yustan Alpiani SIK, SH, MHum yang sebelumnya adalah Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kaltim.

Selanjutnya jabatan Kabid Dokkes Polda Sumsel yang dijabat Kombes Pol dr Yuwono Putro yang mutasi ke Mabes Polri digantikan AKBP dr Syamsul Bahar M Kes dari Polda Sulselbar.

"Ini adalah amanah yang harus dijaga dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Untuk kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara", kata Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara.

Tak hanya itu, Kapolda juga berharap dengan pelantikan pejabat dan kasatwil yang baru ini untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan bebas dari KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme).

Namun, saat disinggung mengenai aksi kejahatan khususnya 3C (Curat, Curas, Curanmor) dan maraknya penyalahguna Narkotika diwilayah sumsel, Kapolda mengatakan akan meningkatkan kegiatannya seperti rutinitas Operasi Razia.

"Sebagai tindak lanjut terhadap kasus tersebut, harus lebih meningkatkan upaya-upaya diantaranya adalah kegiatan Kepolisian yang ditingkatkan, melaksanakan operasi Kepolisian kewilayahan. Hal ini tentu saja berfungsi untuk menekan dan meminimalisir terjadinya aksi kejahatan yang terjadi di wilayah masing-masing,” ucapnya.

Reporter : Rio Siregar Editor : M.Rohali 275