Berita :: GLOBALPLANET.news

Asisten I Setda kota Palembang Sulaiman Amin didampingi ketua KONI Palembang Suparman Romans saat menerima piala bergilir dari perwakilan juara bertahan Kecamatan Ilir Barat I pada pembukaan Porkot, Minggu (11/11/2018). (Foto: Rachmad)

11 November 2018 20:21:01 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Meski hujan mengguyur kota Palembang, pembukaan Pekan Olahraga Kota (Porkot) Palembang tetap berjalan di Stadion Kamboja, Minggu (11/11/2018). Sebanyak 1913 atlet bertanding di 18 cabor dan 18 Kecamatan akan bertanding selama 7 hari.

Pembukaan dihadiri Ketua KONI Palembang, perangkat Pemerintah kota Palembang, kepolisian, dan dipimpin oleh Asisten I Setda Kota Palembang Sulaiman Amin dikarenakan Walikota Palembang H Harnojoyo berhalangan hadir.

Asisten I Setda kota Palembang Sulaiman Amin menargetkan prestasi tingkat nasional bagi atlet Palembang setelah digelarnya porkot.

"Targetnya setiap cabang olahraga yang dipertandingkan ada peningkatan, kalau bisa setiap cabor ada potensi baru, karena setelah Porkot dan Porprov atlet kita asal Palembang bisa dikirim saat Pekan Olahraga Nasional (PON) syukur-syukur Asian Games," ungkapnya.

Para atlet memperebutkan medali sebanyak 1.591 medali. "Selamat bertanding buat para atlet, yang kita harapkan nanti pada saat Porprov atlet berbakat terjaring untuk mewakili Palembang, jangan sampai diimpor ke daerah tetangga. Untuk bonus kepada atlet yang berprestasi tetap di berikan oleh Kecamatan sesuai kemampuan," ujar dia.

Ketua KONI Palembang, Suparman Romans mengungkapkan, jika target dari sebelumnya atlet yang akan bertanding sebanyak 2.000 orang akan tetapi ada kendala internal di 2 cabor yaitu kempo dan sepatu roda sehingga jumlah atletbyang terdaftar ada 1.931 orang.

"Kita sudah dapat solusinya 2 cabor tersebut memang tidak kita pertandingkan karena persoalan teknis, tetapi kami akan buka seleksi untuk mendapatkan perwakilan Palembang pada Porprov pada 2019 yang akan bergulir di Prabumulih," tutupnya

Ia menambahkan, Porkot ini menjadi proses pematangan dan pendeawasaan bagi atlet agar siap bersaing di Porprov nanti.

Berbeda dengan Porkot IX 2014 sebelumnya dengan 16 kontingen, ajang multievent olahraga bergengsi ini akan mempertemukan atlet top dari 18 kontingen dari 18 kecamatan yang ada di Bumi Sriwijaya. Dua penambahan tersebut datang dari dua kecamatan baru di Palembang yakni Ilir Timur III dan Jakabaring.

Cabang olahraga yang dipertandingkan, mulai dari atletik, silat, karate, taekwondo, futsal, renang, catur, bola basket, voli, sepakbola, bulutangkis, panahan, sepak takraw, menembak, anggar, tenis meja, dan panjat tebing.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 321