Berita :: GLOBALPLANET.news

Kasat Lantas Polres Empat Lawang Kasat Lantas Iptu M. Yusuf Lubis. (Foto: Rody Hartono)

12 November 2018 12:13:00 WIB

EMPAT LAWANg, GLOBALPLANET - Hingga hari ke sebelas Operasi Zebra Musi 2018 digelar di Wilayah Hukum Polres Empat Lawang, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Empat Lawang sudah mengeluarkan 227 surat tilang.

Dari penindakan yang dilakukan melalui tilang tersebut bermacam pelanggaran terjadi, baik itu pelanggaran oleh kendaraan bermotor jenis roda dua (R2), roda empat (R4). Bahkan hingga terdapat juga ada jenis kendaraan jenis roda enam (R6).

"Ada sebanyak 227 unit kendaraan yang kita tilang dan 66 unit kita kenakan teguran saja," ungkap Kapolres Empat Lawang AKBP Agus Setyawan melalui Kasat Lantas Iptu M. Yusuf Lubis, Senin (12/11/2018).

Disampaikan Lubis, untuk kendaraan roda dua yang melakukan pelanggaran tidak memakai helm ketika berkendara sebanyak 65 unit kendaraan. Sementara roda empat dan roda enam kita temukan sebanyak 46 unit kendaraan tak menggunakan safety belt.

"Anggota kita banyak sekali menemukan para pelajar dan masih dalam kategori anak anak berkendara tanpa memiliki SIM sebanyak 37 orang, kendaraan melawan arus 38 unit. Dan 41 unit beberapa pelanggaran lain," ujarnya.

Lanjut Kasat, bahwa untuk pelanggaran pengemudi roda dua dan empat yang dikendarai orang dewasa namun tanpa memiliki surat izin mengemudi berjumlah 110 unit.

"Bagi pengguna kendaraan tak memiliki SIM C ada 73 berkas, sedangkan tercatat bagi pelanggaran tanpa memiliki SIM A berjumlah 37 berkas," kata Lubis.

Selama Operasi Zebra, sambung Kasat Lantas, pihaknya juga banyak sekali menemukan kendaraan yang dibawa pengemudinya tanpa disertai dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan atau biasa disebut dengan STNK.

"Kita banyak temukan kendaraan yang tidak disertai STNK baik itu jenis R2 berjumlah 48 berkas, R4 sebanyak 54 berkas, dan untuk R6 sebanyak 15 berkas," bebernya.

Dirinya menjelaskan bagi pengendara yang tidak dapat menunjukkan surat surat kendaraannya, pihaknya akan membawa dan mengamankan unitnya ke kantor Satlantas Polres Empat Lawang.

"Nah, jika surat suratnya ada. Pengemudi dipersilahkan menunjukkannya kepada petugas dan boleh membawa pulang kendaraannya," jelas Iptu M. Yusuf Lubis.

Oleh karena itu, lanjut Lubis, dirinya mengimbau sekali lagi para pengendara agar lebih memperhatikan kelengkapan surat menyurat kendaraan ketika mengemudi dan kelengkapan lainnya.

Reporter : Rody Hartono Editor : M.Rohali 434