Berita :: GLOBALPLANET.news

Sekda Kota Palembang Harobin Mustafa saat foto bersama dengan pemateri. (Foto: Rachmad Kurniawan)

15 November 2018 16:22:50 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Untuk menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas, Pemerintah Kota Palembang bersinergi dengan Dinas Perhubungan dan Kepolisian mengajak komunitas otomotif menjadi penghubung antara pemerintah sebagai pembuat aturan dan masyarakat.

Sekda kota Palembang Harobin Mustafa ditemui usai membuka acara di Hotel Inna Daira, Kamis (15/11/2018) menerangkan, jika kesadaran taat lalu lintas masyarakat Kota Palembang masih belum tertanam.

"Ini malah lampunya sudah merah masih terobos, kan itu salah. Saat ditegur malah melawan petugas," kata dia

Oleh sebab itu, secara pribadi pihaknya berharap agar sosialisasi seperti ini dapat terus berlangsung minimal dua kali dalam setahun dengan melibatkan tiap komunitas, elemen masyarakat hingga pengusaha transportasi.

“Dengan seringnya sosialisasi, kami berharap ada penigkatan kesadaran tertib berlalu lintas. Terutama komunitas ini kami harap betul menjadi pelopor tertib lalu lintas kepada masyarakat," ujarnya.

Diakui Harobin, tingkat kesadaran tertib lalu lintas di Palembang masih terbilang kurang. Bagaimana tidak, dari pantauan CCTV di beberapa persimpangan di Kota Palembang ia melihat banyak kendaraan yang menunggu lampu merah berganti hijau di atas zebra cross bahkan melewatinya.

“Ini kan berbahaya bagi pengendara dan pejalan kaki. Kalau terjadi kecelakaan mau menyalahkan siapa. Maka dari itu, tertib lalu lintas itu harus ditanamkan dalam diri masing-masing. Jadikan tertib berlalu lintas itu budaya,” pungkasnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 182