Berita :: GLOBALPLANET.news

Operasi Zebra yang digelar Polres Lahat melalu satlantas, foto diambil beberapa waktu lalu. (Foto:Dok)

16 November 2018 15:15:35 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET.news - Operasi Zebra yang digelar selama dua pekan oleh Satlantas Polres Lahat, telah berakhir. Tercatat sebanyak 813 penindakan, diberikan kepada pengendra yang melanggar dalam operasi tahun ini. Terdiri 750 tilang, 63 teguran.

Kapolres Lahat, AKBP Ferry Harahap SIK, melalui Kasat Lantas, AKP Rio Artha Luwih SIK mengatakan, pelanggar lalu lintas tahun ini tercatat meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Ditahun 2017 tercatat sebanyak 637 pelanggaran, 581 tilang, dan 56 teguran. Angka ini menunjukkan, masih banyak masyarakat lahat yang belum sadar pentingnya tertib berlalu lintas.

"Pelanggar yang terjaring selama operasi meliputi, Helm SNI, 230 pelanggar, melawanarus 10, gunakan Hp 0, bawah umur 205, safety belt 29, dan 263 pelanggar lainnya," terang Rio, Kamis (15/11/2018).

Lanjut Rio, pengendara roda dua di bawah umur dan tidak menggunakan helm, membuat deretan panjang pelanggar operasi zebra tahun ini. Padahal helm SNI merupakan upaya standar pengendara dalam mengamankan kepala. Sedangkan untuk pelajar, dirinya berharap, untuk orang tuanya jangan memberi anak kendaraan jika belum memiliki SIM.

"Kita rutin memberikan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Yang paling penting, jangan beri izin anak ke sekolah pakai sepeda motor. Udah naik sepeda motor, nggak pakai helm lagi. Itu sama saja dengan mencelakakan anak sendiri," ucap Rio.

Reporter : Ferry Andhika Editor : M.Rohali 70