Berita :: GLOBALPLANET.news

Sekda Kota Palembang Harobin Mustafa saat menandatangani dan membuka pekan pelayanan Publik bersama Ombudsman di Kambang Iwak, Minggu (18/11/2018). (Foto: Ist)

18 November 2018 12:44:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Pemerintah Kota Palembang melalui Sekda Harobin Mustafa mengimbau agar masyarakat tak perlu lagi menyampaikan keluh kesah di media sosial, hal ini disampaikan usai pembukaan pelayanan publik bersama Ombudsman RI di Kambang Iwak, Minggu (18/11/2018).

Harobin menerangkan, jika pelayanan seputar keluhan masyarakat silahkan sampaikan di aplikasi Hallo Palembang yang segera diluncurkan pada 22 November 2018 nanti.

"Kota Palembang alhamdulilah kita sudah punya OPD yang baik dan mendapat penghargaan salah satunya di sektor pariwisata yang diterima Walikota beberapa waktu lalu. Masih ada yang belum maksimal, ini tujuannya kita kerjasama dengan Ombudsman," kata dia.

Ia menegaskan meski sudah mendapat penghargaan dan dukungan dari Ombudsman pihaknya tidak berpuas diri dan siap dikritik dan menerima masukkan dari masyarakat.

"Kalau sudah menyampaikan keluhan di Aplikasi Hallo Palembang tapi belum maksimal silahkan mengadu ke Ombudsman. Karena semua program dan pelayanan yang dijalankan pemerintah kota Palembang diawasi oleh Ombudsman," ujarnya.

Antonius Sujata Ketua Ombudsman RI menambahkan, pelayanan publik di Indonesia masih kurang dan terlalu banyak problem pada standarnya.

"Pelayanan itu luas tidak sekedar ada kursi di stasiun kereta api tapi bagaimana pelayanan publik ini sampai ke hal-hal detail dan yang paling krusial. Bagaimana sertifikasi tanah, kesehatan, pendidikan, kita (ombudsman) ada juga untuk mengawasi proses administrasi yang menjadi pintu utama masuknya korupsi," tegasnya.

Ditambahkannya, semua mesti merespon apa yang disampaikan ombudsman. “Kita bekerja dengan tiga cara yaitu pertama pengawasan, kedua investigasi saat merasa perlu dilakukan. Ketiga memberikan penilaian seluruh kementerian, karena nanti seluruh lembaga pada Desember nanti akan diadakan penilaian terhadap pelayanan publik," tutupnya

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 184