Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketua Panwaslu Kabupaten Muba, Sarkani. (Foto: Ist)

22 November 2018 11:25:03 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Muba mengajak masyarakat untuk terlibat secara partisipatif dalam pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legeslatif pada 17 April mendatang.

Ketua Panwaslu Kabupaten Muba, Sarkani mengatakan, pengawasan partispatif yang melibatkan banyak orang, ini karena terbatasnya personel di tingkat Bawaslu Kabupaten Muba. Dengan begitu diharapkan proses demokrasi dapat berjalan secara baik.

“Melibatkan banyak orang, terutama terhadap pemilih pemula diajak dengan cerdas, oleh karena bisa menggunakan partisipatif, termasuk mahasiswa, dan masyarakat,” jelas dia.

Dikatakan Sarkani, khusus mahasiswa dan pemilih pemula diharapkan dapat aktif melakukan pengawasan dan pemilih pemula jangan sampai masuk dalam golongan putih (Golput) atau tidak menggunakan hak pilih.

"Bagi pemilih pemula sudah masuk usia 17 tahun, hendaknya langsung buat KTP, kemudian dapat mengecek apakah sudah masuk daftar pemilih atau belum,” jelas dia.

Pelaksanaan Pilpres dan Pileg nanti, seluruh masyarakat diminta untuk ikut mengawasi, terutama mengenai kecurangan, serta pergerakan Money Politik.

“Serta keterlibatan para Aparatur Sipil Negara (ASN). Nah ini perlu dilakukan pengawasan secara ketat, agar tidak ada pelanggaran dalam Pemilu, dan suasana pemilu 2019 berjalan dengan aman dan kondusif. Inilah perlunya mengajak masyarakat untuk ikut pengawasan partisipatif, laporkan jika ada kecurangan, dan bisa diproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” tutur dia.

Dengan begitu, jika terjadi pergerakan pidana pemilu akan di proses ke Gakumdu. “Kita juga menghimbau kepada seluruh caleg, hendaknya sosialisasi disampaikan agar tidak terjadi kercurangan," tandas dia.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : M.Rohali 287