Berita :: GLOBALPLANET.news

Asisten I Setda Palembang Sulaiman Amin, Rabu (5/12/2018). (Foto: Rachmad Kurniawan)

05 Desember 2018 14:18:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Kawasan plaza Benteng Kuto Besak (BKB) akan disterilkan dari kendaraan dan pedagang. Sehingga kawasan tersebut bebas kendaraan, hal ini disampaikan Asisten I Setda kota Palembang Sulaiman Amin usai rapat bersama perwakilan Kesdam, Polresta, dan Pol PP, Rabu (5/12/2018).

"Sejak awal plaza BKB memang diperuntukkan untuk pengunjung dan tak boleh ada kendaraan lalu lalang dan pedagang. Kalau pun ada pedagang boleh berjualan di luar plaza," ungkap Sulaiman.

Saat Walikota turun langsung menemukan jalan di plaza BKB ada yang jebol akibat dilalui kendaraan. Ia menuturkan, kendaraan sering masuk melalui celah-celah Sektetariat Kesdam dan memasuki plaza.

Beberapa pedagang juga memasuki plaza melalui jalur tersebut. Selama ini parkir digunakan oleh warga yang ingin ke dermaga point.

"Kita buat portal itu dilas mati dan dikunci. Kuncinya dipegang oleh orang Kesdam, maka dari itu kami juga minta bantuan Kesdam untuk berjaga disekitar Kesdam dan belakang Perumahan BARI agar tak ada lagi pengrusakkan," paparnya.

Sementara kantong parkir akan dialihkan ke Monpera, Museum SMB II, dan di bawah jembatan Ampera. “Lahan parkir yang di dekat Kesdam diperuntukkan untuk anggota Kesdam," singkatnya.

Portal yang berada di dekat RS AK Gani tetap berfungsi hanya saja kunci dipegang oleh anggota Dishub dan Pol PP. Portal tersebut boleh dibuka saat ada kegiatan saja, sehingga parkir kendaraan hanya bisa dilalui lewat portal RS AK Gani saja saat kepentingan acara.

"Pengamanan malam akan dibantu oleh Sat Pol-PP yang mengerahkan 30 personel dan pengelola parkir untuk berjaga di BKB sehingga pengunjung merasa aman," pungkasnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 266