Berita :: GLOBALPLANET.news

Pasar Pangkalan Balai yang baru di bangun, Rabu (5/12/2018). (Foto: Adi Irawan)

05 Desember 2018 15:55:48 WIB

BANYUASIN, GLOBALPLANET - Pembangunan Pasar Kota Pangkalan Balai, di Kelurahan Kedondong Raye Banyuasin III terancam molor. Proyek yang dibiayai APBD Banyuasin tahun anggaran 2018 sebesar Rp5,3 miliar ini telah diberi waktu selama 150 hari terhitung 20 Juli-Desember 2018.

Pantauan wartawan GLOBALPLANET di lapangan, Progres proyek pasar yang dikerjakan oleh PT Hastomulyo Adiprima ini diperkirakan mencapai 80 persen. Sebab, masih banyak bagian bangunan yang belum selesai, misalnya lantai dan meja lapak belum dicor, dinding kios belum diplester dan termasuk fasilitas lainnya masih tahap pengerjaan.

"Kami minta pihak rekanan proyek pasar untuk mengejar waktu, jadi pengerjaan terus dikebut sampai sesuai target waktu, sekarang sudah memasuki akhir tahun," ujar salah satu pedagang yang namanya enggan disebutkan.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Banyuasin Erwin Ibrahim mengatakan, jika pengerjaan proyek pasar ini masih diberikan perpanjangan waktu. "Dikenakan denda jika tidak selesai tepat waktu," kata dia.

Kalau sudah selesai, terang Erwin penempatan pedagang akan dilakukan pada tahun 2019, sebanyak 233 pedagang yang lama akan direlokasi ke lokasi yang baru.

"Kita akan merelokasi pedagang basah seperti ikan, daging sayur-sayuran serta pedagang yang jualan di jalan. Sedangkan pedagang kering masih tetap bertahan," pungkas dia.

Reporter : Adi Irawan Editor : M.Rohali 60