Berita :: GLOBALPLANET.news

Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya didampingi Kabag Ops Kompol CS Panjaitan, saat melakukan kegiatan ungkap kasus selama satu bulan terakhir, Jumat (6/12/2018). (Foto: Dadang Dinata).

06 Desember 2018 08:03:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET.news - Kapolres OKU AKBP Timur Erlin Tangjaya menyatakan kejahatan pencurian dengan kekerasan (Curas) dan pencurian dengan pemberatan (Curat) masih menjadi kasus yang menonjol dan meningkat. Untuk itu, masyarakat tetap harus waspadan, dan kepada pelaku sebaiknya menyerah agar tidak menyesal.

Hal ini disampaikan Kapolres dalam gelar kasus sebulan terakhir di Mapolres OKU Timur, Kamis (6/12/2018). Didampingi Kabag Ops Kompol CS Panjaitan, Kapolres mengatakan pihaknya tidak akan memberikan toleransi kepada tersangka kejahatan.

Terbukti ada beberapa tersangka kejahatan yang harus ditindak tegas dan terukur karena ada yang memberikan perlawanan dan berusaha kabur saat akan diringkus. "Bagi tersangka Curas dan Curat kita imbau untuk menyerah jika tidak jangan menyesal," ujarnya.

Dalam sebulan terakhir Satuan Reserse Polres OKU Timur dan jajaran berhasil membekuk beberapa tersangka diantaranya komplotan tersangka Aprianyah, Yusha Kiki, dan Akrom. “Mereka terlibat kasus Curas dengan bukti laporan tercantum pada LP-B/15//IX/2018/SUMSEL/OKUT/BLT II.17 NOVEMBER 2018. Tersangka dijerat dengan pasal 365, ancaman hukuman sembilan tahun penjara,” katanya.

Kemudian Wayan Sabar, tersangka menyimpan, memiliki dan menguasai senpi tanpa dokumen yang sah, dengan bukti laporan, LP - A /02/XI 2018/ SUMSEL/ OKUT / Belitang II Tanggal 23 November 2018. Lalu tersangka Nurhadi yang terlibat kasus Curat, yakni mencuri beras TKP di Desa Tanjung Kemuning Kecamatan Belitang ll OKU Timur. Kasus Curat ini tercantum pada LP -B/16/XI/2018/SUMSEL/OKUT/BLT II Tanggal 21/11/2018, dengan korban Tri Kuniaji.

Kapolres menambahkan pihaknya juga berhasil membekuk Muslim alias Oneng dan Can Said yang terlibat kasus Curat dengan TKP Desa Purwodadi Kecamatan Belitang Mulya OKU Timur. Kasus ini tertuang pada LP-B/18/XI/2018/SUMSEL/OKUT/BLT II tanggal 30/11/2018, yang mengakibatkan korban Ahmad Toyib kehilangan sepeda motor.

Tersangka Muslim alias Oneng dan Can Said juga telibat dalam kasus Curat yang terjadi di Desa Purwodadi Kecamatan Belitang Mulya OKU Timur, yang membuat korban Samsudin kehilangan sepeda motor kasus ini tercatat pada LP -B/17/XI/2018/SUMSEL/OKUT/BLT II Tanggal 30/11/2018. "Anggota kita terus berkerja keras dalam mengungkap dan membekuk pelaku kejahatan," tegasnya.

Erlin juga menambahkan untuk memberantas penyakit masyarakat pihaknya juga melakukan Operasi Pekat dan berhasil menyita Minuman Keras (Miras) sebanyak 542 botol dan 140 liter tuak. "Kita juga imbau masyarakat agar tidak menjual Miras," terangnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : Zul Mulkan 1362