Berita :: GLOBALPLANET.news

Kabag Pembangunan Setda Kota Palembang, Zuriyati. (Foto: Rachmad Kurniawan).

06 Desember 2018 17:08:04 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bersama Kementerian ESDM dan pihak ketiga membentuk tim percepatan pembangunan Jargas (Jaringan gas) di wilayah Seberang Ulu. Tim dibentuk untuk menggenjot pengerjaan dengan target penyelesaian 31 Desember 2018.

Kabag Pembangunan Setda kota Palembang Zuriyati mengatakan, pembentukan tim tekah disepakati dalam pertemuan bersama pihak terkait. Diakuinya kelemahan dalam pembangunan jargas selama ini terutama di Kelurahan Tuan Kentang, karena kurang efektifnya komunikasi antara pekerja di lapangan dengan pemerintah.

"Tim ini terdiri dari ketiga pihak yang terlibat yaitu pemerintah kota diantaranya Plt Asisten II Setda, Asisten I Setda, dan Lurah setempat. Sehingga jika ada kendala di lapangan bisa diinformasikan kepada pemerintah kota yang siap mensupport," ungkap Zuriyati, Kamis (6/12/2018).

Pembangunan akan difokuskan di Kelurahan Tuan Kentang, Kecamatan Jakabaring yang baru masuk progres 15 persen dan Kelurahan Plaju Ulu, Kecamatan Plaju yang telah mencapai 60 persen. Sementara untuk wilayah Kecamatan Seberang Ulu I telah rampung dan siap dialirkan gasnya.

"Untuk MRS (Meetring Regulati Sector) lainnya seperti di 16 Ulu sudah 80 persen dan itu akan selesai. Selain itu, pihak ketiga akan melakukan rapat internal antara Kementerian ESDM dan Pihak ketiga terkait penambahan pekerja di lapangan yang akan ditempatkan di wilayah Kelurahan Tuan Kentang dan Kelurahan Plaju Ulu atau penambahan waktu," paparnya.

Palembang Kembali Ajukan 6.159 KK di 2019

Sementara di tahun 2019 nanti, Zuriyati mengungkapkan akan ada 6.159 KK dari 10.000 KK yang diajukan pemerintah kota untuk mendapatkan bantuan pemasangan jaringan gas dari Kementerian ESDM. "Insy Allah ini sudah pasti kami berharap sisa dari kuota yang ingin dipenuhi pemerintah kota tercapai, sehingga dirasakan oleh masyarakat luas," singkat dia.

Masih kata dia, untuk memenuhi kriteria pemasangan jargas, pemkot harus mengajukan titik-titik kemiskinan di Kota Palembang. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, titik kemiskinan yang dimaksud ialah Seberang Ulu. Sementara di Seberang Ilir adalah Kecamatan Gandus.

"Memasang Jargas di Ulu dan Ilir sekaligus akan memakan waktu dan anggaran yang tak sedikit. Di Seberang Ulu, Kertapati yang belum mendapat bantuan. Maka dari itu, kami masih berunding untuk wilayah mana yang akan diprioritaskan. Namun wilayah seberang Ilir sebelumnya sudah mendapat bantuan jargas tahun 2009 lalu," tuturnya.

Jargas alam yang akan dibangun menurutnya akan membantu masyarakat dalam menghemat pengeluaran. Dibandingkan dengan Gas elpiji 3kg yang mahal, gas alam lebih murah. "Besar harapan kami agar jargas ini selesai agar masyarakat tak susah payah mencari gas elpiji terutama saat bulan puasa," tutupnya

Reporter : Rachmad Kurniawan Putra Editor : Zul Mulkan 197