Berita :: GLOBALPLANET.news

Disaksikan Kapolres Muba AKBP Andes Purwanti, Bupati Muba Dodi Reza Alex menyapa para pembina adat di Sekayu, Muba, Sumsel, Kamis (6/12/2018). (Foto: Ist).

06 Desember 2018 17:52:32 WIB

MUBA, GLOBALPLANET.news - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muba, Sumsel berencana membangun Rumah Limas yang di dalamnya terdapat museum adat, dengan tujuan melestarikan adat dan mempertankan nilai-nilai sejarah Kabupaten Musi Banyuasin.

"Nanti akan dibangun rumah adat yakni rumah limas di Sekayu. Di rumah itu bisa dijadikan pula museum adat istiadat Kabupaten Muba," ujar Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin saat menghadiri Pembukaan Rapat Tahunan Pembina Adat Kabupaten Muba, di Griya Serasan Sekate, Kamis (6/12/2018).

Selain itu, sambung Dodi, rumah limas juga dapat dijadikan kantor dan operasional Forum Pembina Adat di Kabupaten Muba. "Ini bisa menjadi pusat edukasi untuk mengenalkan adat di Muba kepada anak-anak," kata Dodi.

Dalam kehidupan masyarakat, peran serta Pembina Adat di Muba ini sangat banyak, terlebih salah satunya Forum Pembina Adat merupakan salah satu pihak yang mengusulkan pembuata Perda Pesta Rakyat. "Alhamdulillah saat ini Perda Pesta Rakyat sudah terealisasi dan mulai ditaati warga," ucap dia.

Oleh karena itu, orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate ini menuturkan, selian melestarikan adat istiadat, dirinya juga mengajak seluruh pengurus Forum Adat di Muba untuk turut andil mensosialisasikan pembangunan-pembangunan yang ada di Muba. "Pemkab Muba dan Forum Adat ini harus berdampingan dan beriringan menjadi garda terdepan merealisasikan Muba Maju Berjaya 2022," kata Dod.

Sementara Wakil Ketua Pembina Adat Muba KH Yusman Haris mengatakan, tujuan dilakukannya rapat tahunan pembina adat ini untuk mencapai daya guna dalam pengembangan adat istiadat di Kabupaten Muba.

"Selain itu, juga akan dilakukan pemilihan Ketua Forum Adat yang baru karena ketua sebelumnya telah meninggal dunia. Forum Pembina Adat di Muba akan terus berusaha mendukung kebijakan Bupati dan turut andil menciptakan Muba menjadi daerah yang maju dan sejahtera," tandas dia.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : Zul Mulkan 46