Berita :: GLOBALPLANET.news

Kepala Dinas Lingkungan Hidup melalui Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan saat mengikuti rakornas bank sampah. (Foto : Ferry)

16 Desember 2018 17:30:12 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET - Menindak lanjuti hasil Rakornas Bank Sampah ke 5, yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, beberapa waktu lalau. Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Lahat menargetkan, bakal membentuk bank sampah hingga ditingkat kelurahan dan desa.

Kabid LB3 DLH Lahat, Budi Utama mengatakan, hasil rakosnas itu tujuannya, memberikan dorongan terhadap tumbuh kembang peran masyarakat dalam mengelola sampah. Dengan cara memilah dan mengelola sampah. Selain itu, untuk meningkatkan kapasitas bank sampah.

“Ini sebagai implementasi Perpres No 97 tahun 2017, tentang strategi nasional dalam pengelolaan sampah rumah tangga, dan sampah sejenis sampah rumah tangga,” kata Budi, Minggu (16/12/2018).

Sementara, M Chairul Hakim SE, Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan, DLH Lahat menerangkan, masalah sampah ini berkaitan langsung dengan masalah mental masyarakat. Untuk melibatkan masyarakat dalam pengolaan Bank Sampah, dibutuhkan upaya untuk merevolusi mental masyarakat.

“Untuk itu, pemerintah harus memandang perlu, upaya untuk membangun mentalitas masyarakat, yang perduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan,” terangnya.

Lanjutnya, untuk mewujudkan hal itu, Bank Sampah harus bisa dipandang jadi modal penting oleh masyarakat. Masyarakat nantinya bukan hanya sekedar memilah sampah saja, tapi juga bisa mendapat untung dari sampah yang dihasilkan. Seperti pupuk kompos dari sampah rumah tangga, dn penghasilan tambahan dari sampah pelastik.

“Rencananya nanti kita bakal membuat satu kelurahan/desa, satu bank sampah, terhubung langsung dengan Bank Sampah induk. Kalau saja masyarakat kita kreatif, setelah diola sampah plastik itu bisa bernilai jual tinggi,” ujarnya.

Reporter : Ferry Andhika Editor : M.Rohali 84