Berita :: GLOBALPLANET.news

Kabid Perlindungan Sosial, Dinas Sosial Palembang H Azhari Romli,. (Foto: Rachmad Kurniawan)

18 Desember 2018 17:46:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Dinas Sosial Kota Palembang membantah adanya anggapan terkait Program Keluarga Harapan (PKH) yang tidak tetap sasaran serta kurangnya pembaruan data penerima.

Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Sosial kota Palembang, melalui Kabid Perlindungan Sosial, H. Azhari Romli bahwa, Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan suatu program Pemerintah Pusat yang telah didata melalui Data Basis Terpadu (DBT) yang telah diterbitkan Kementerian Sosial (Kemensos).

"Dari data Kemensos tersebut maka dikirimlah kepada para pendamping PKH kemudian di Verifikasi oleh para pendamping. Apakah mereka itu termasuk kategori PKH atau tidak," jelasnya saat dijumpai, Selasa (18/12/2018).

Menurut Azhari, PKH merupakan suatu program bantuan Pemerintah bersyarat dengan kategori yang telah ditentukan. "Syarat penerima PKH itu ada tiga, yang pertama ibu hamil miskin, kedua ibu menyusui, dan yang ketiga adalah ibu yang memiliki tanggungan anak sekolah. Jadi itulah program yang memang bisa dibantu PKH, dan mereka itu juga memang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat," ungkapnya.

Azhari menjelaskan, penerima PKH saat ini menurutnya telah sesuai dengan data yang telah diterima oleh pusat. Sementara untuk data tersebut, ia mengatakan bahwa, data-data yang telah diterima merupakan data update yang telah disurvey setiap bulannya oleh para pendamping.

"Setiap bulan data tersebut selalu di update oleh para pendamping melalui survey, jadi jika penerima PKH tersebut telah tidak memenuhi lagi kategori penerima, jelas itu akan di lepas. Sementara untuk yang masuk kategori dan sudah terdata meski mampu, ya tinggal kesadaran sendiri saja apakah mereka malu atau tidak," pungkasnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 253