Berita :: GLOBALPLANET.news

Disaksikan Gubernur Sumsel Herman Deru dan sejumlah pejabat lainnya, Bupati PALI Heri Amalindo menandatangani penanda deklarasi SMS, Kamis (20/12/2018). (Foto: Eko Jurianto).

20 Desember 2018 15:41:50 WIB

PALI, GLOBALPLANET.news - Kabupaten PALI mendeklarasikan program Stop Meseng (buang air besar) Sembarangan (SMS), Kamis (20/12/2018). Sebagai apresiasi, Gubernur Sumsel Herman Deru memberikan reward senilai Rp15 Miliar.

Reward diberikan karena melalui program ini, PALI menjadi kabupaten percontohan sanitasi total berbasis masyarakat se-Indonesia. "Saya bangga dengan gerakan-gerakan wanita, dan di Kabupaten PALI ini ibu Bupati (Ir H Sri Kustina Amalindo) untuk menggerakan tidak buang air besar sembarangan dengan istila SMS, kita patut berbangga, dengan programnya mampu menduduki posis pertama di Indonesia sebagai kabupaten yang memiliki sanitasi total berbasis masyarakat, mengalahkan 514 kabupaten/kota di Indonesia," ungkap gubernur, Kamis (20/12/2018)

Reward yang diberikan sebesar Rp15 Miliar akan digunakan untuk penyelesaian pembangunan Rumah Sakit Pratama, di Kecamatan Tanah Abang, PALI.

"Ini juga sebagai kebanggaan untuk Provinsi Sumsel ada salah satu kabupatennya yang menjadi  trend center dan sebagai percontohan, maka dari itu kami akan memberikan reward penyelesaian Rumah Sakit Pratama minimal Rp15 miliar sampai selesai, kemungkinan pada ABT tahun ini," imbuhnya.

Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo MM, mengucapkan banyak terimakasih kepada Gubernur Sumsel yang telah menyempatkan diri berkunjung ke PALI dan telah mau membantu pembangunan.

"Kita ketahui Gubernur Sumsel ini belum genap tiga bulan namum beliau sudah banyak membantu kabupaten kita ini, beliau memang berpengalaman untuk membangun daerah yang baru berkembang, sebagaiman beliau dahulu memimpin OKU Timur selama dua periode. Benar-benar mengetahui apa-apa saja yang dibutuhkan daerah baru seperti Kabupaten PALI ini. Kedepan kita harapkan akan lebih banyak lagi bantuan yang akan diberikan pak Gubernur kepada kita dkabupaten PALI," singkatnya.

Dalam kegiatan yang dipusatkan di lapangan sanggar Pramuka Komperta Pendopo Kecamatan Talang Ubi, gubernur didampingi anandanya Percha Leanpuri, dan juga dihadiri Direktur Lingkungan Kemenkes RI, Dr Imran Agus Murali DPKo, Bertu melares (Anggota DPR RI komisi XI).

Reporter : Eko Jurianto Editor : Zul Mulkan 664