Berita :: GLOBALPLANET.news

Larangan ganja kembali ditemukan di Empat Lawang, Sumsel. Dalam sekitar 30 hari terakhir, setidaknya tiga ladang ganja ditemukan di Kabupaten yang berada di bukit barisan dan berbatasan dengan Provinsi Bengkulu ini. (Foto: Ist).

05 Januari 2019 10:57:26 WIB

EMPAT LAWANG, GLOBALPLANET.news - Kabupaten Empat Lawang tampaknya benar-benar tanah yang subur untuk segala jenis tanaman termasuk ganja. Buktinya, lagi-lagi ladang ganja ditemukan di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, tepatnya di Talang Rena Payang Desa Lingge Kecamatan, Pendopo Barat, Kabupaten Empat Lawang, Sabtu (5/1/2019) dini hari sekitar jam 4.00 WIB.

Penggerebekan ladang ganja kali ini, dilakukan aparat TNI, berdasarkan informasi dan penggalangan data Babinsa Koramil 405-05/Pendopo dan Jaringan Intel Kodim 0405/Lahat, di Kabupaten Empat Lawang.

Komandan Kodim 0405/Lahat, Letkol (Kav) H Sungudi melalui Pasi Intel Kodim 405/Lahat, Kapten (Chb) Purwadi saat dihubungi wartawan, menceritakan kronologis penggerebekan ladang ganja di Kabupaten Empat Lawang tersebut, berawal Jumat (4/1/2019). 

Setelah mendapat informasi dari jaring hasil penggalangan dia bersama Danramil 405-05/Pendopo beserta unit Intel Kodim 0405/Lahat melaksanakan koordinasi dan melaporkan informasi itu ke Komandan Kodim 0405/Lahat.

Selanjutnya, setelah mendapat arahan dan petunjuk Komadan Kodim 0405/Lahat, Sabtu (5/1/2019) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB, anggotanya berasama aparat Koramil 405-05/Pendopo menuju lokasi ladang ganja dengan jarak tempuh berjalan kaki selama kurang lebih 4 jam atau sekitar 15 kilometer.

Setelah tiba di lokasi, lanjut Purwadi, pihaknya langsung melakukan pengepungan dan setelah dinyatakan aman, pihaknya langsung mengamankan barang bukti di lokasi. Untuk pelaku, sebut dia, tidak ditemukan di lokasi, diduga berhasil kabur.

Pada pengerebekan ini, jelas Purwadi, pihaknya berhasil mengamankan 70 batang pohon ganja yang diperkirakan berumur satu tahun di lahan sekitar satu hektar dengan kemiringan lahan sekitar 65 derajat. "Semua barang bukti ganja saat ini diamankan di Makoramil 405-05/Pendopo," tandasnya.

Sementara itu, Danramil 405-05/Pendopo, Kapten (Inf) Sudiman mengakui adanya penggerebekan lahan ganja tersebut oleh pihaknya. "Ya benar, barang bukti ganja saat ini dibawa ke Makoramil Pendopo," tukasnya.

Akhir Desember lalu, juga ditemukan dua ladang ganja. Ratusan batang ganja ditemukan dan Polres setempat juga mengamankan dua tersangka dalam penemuan ladang di pekan terakhir 2018 lalu.

Reporter : Rody Hartono Editor : Zul Mulkan 268