Berita :: GLOBALPLANET.news

Jajaran Kodim 0405 Lahat mengerebek ladang ganja seluas 1 hektar dan mengamankan sekitar 50 batang ganja siap panen. (Foto: Ferry)

07 Januari 2019 14:34:16 WIB

EMPAT LAWANG, GLOBALPLANET - Dibalik prilaku masyarakat, yang masih mau berladang ganja. Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Sungudi menduga ada aktor intelektual yang memberikan iming-iming pada masyarakat dengan iming - iming dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

“Pasti ada aktornya dibalik ini. Kemungkinan ada pemesannya dan pasar, sehingga masyarakat mau menanam ganja tersebut,” ujar Sungudi, Senin (7/1/2019)

Sungudi juga mengatakan, kurangnya kesadaran masyarakat, juga jadi pemicu bagi masyarakat mencari jalan pintas mendatkan uang. Untuk itu pihaknya sudah berkoordinasi Bupati Empat Lawang dan Polres Empat Lawang, agar budaya masyarakat menanam ganja bisa dicegah.

“Bukan hanya penyuluhan saja, tapi perlu adanya tindakan tegas. Agar tidak ada lagi masyarakat yang berani melakukan tindak penanaman ganja ini,” katanya.

Sebelumnya, jajaran Kodim 0405 Lahat mengerebek ladang ganja seluas 1 hektar dan mengamankan sekitar 50 batang ganja siap panen, sebagian lagi sudah terlihat dipanen ditemukan persis diatas tebing bukit terjal,di kawasan Tebing Meranti, Talang Renai Payang, Desa Lingge Kecamatan Pendopo Barat, Sabtu dini hari. dengan menempuh perjalanan sekitar 5 jam. Sedangkan AP,  selaku penjaga kebun, sudah terlebih dahulu melarikan diri. 

Reporter : Ferry Andhika Editor : M.Rohali 147