Berita :: GLOBALPLANET.news

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin saat menyambut langsung kedatangan Ketua Komisi III DPR RI Kahar Muzakir di Griya Bumi Serasan Sekate, Senin (7/1/2019). (Foto: Amarullah Diansyah)

07 Januari 2019 15:30:00 WIB

MUBA, GLOBALPLANET - Ketua Komisi III DPR RI, Kahar Muzakir, menyambangi Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Senin (7/1/2019). Tujuan kedatangan politikus Partai Golkar ini salah satunya untuk memastikan kesiapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) di Bumi Serasan Sekate.

Pasalnya, pesta demokrasi tersebut tidak lama lagi bakal digelar yakni pada 7 April mendatang. Dimana saat itu, masyarakat menyalurkan haknya untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, Pemilihan Legislatif Anggota DPR, DPD dan DPRD untuk lima tahun mendatang.

"Penyelenggaraan Pemilu ini merupakan proses membangun kedewasaan berdemokrasi warga negara, dan ASN sendiri memiliki andil dalam menyukseskan perhelatan demokrasi lima tahunan ini," ujar dia.

Dikatakan Kahar, iklim yang kondusif merupakan modal utama suksesnya penyelenggaraan pemilu. "Melalui iklim berdemokrasi yang baik, proses Pemilu akan mampu mengundang partisipasi yang tinggi dari masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya,” jelas dia.

Sementara itu, Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin menjelaskan kondisi yang saat ini tengah berlangsung di Kabupaten Muba. Dimana seluruh pihak bekerjasama dengan baik untuk menciptakan situasi dan kondisi yang aman serta nyaman, baik sebelum maupun setelah pelaksanaan Pemilu.

"Menghadapi pesta demokrasi ini, kami Pemkab Muba bekerjasama dengan TNI dan Polri tetap menjaga kondisi wilayah Kabupaten Muba untuk tetap kondusif dengan berjalannya proses pesta demokrasi ini," kata dia.

Bukan hanya itu, orang nomor satu di Bumi Serasan Sekate ini juga mengatakan, pihaknya juga tetap menjaga nertralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), agar tidak turut serta dalam politik praktis. Sehingga tidak melanggar peraturan perundang-undangan.

Kendati dilarang berpolitik, ASN tetap diwajibkan untuk turut andil dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu, seperti sosialisasi kepada masyarakat agar turut berpartisipasi dalam mensukseskan  pesta demokrasi tahun 2019.

"ASN juga diharuskan turut serta menjaga kondusifitas di daerah Musi Banyuasin secara bersama sama. Kata semua berharap pelaksanaan Pemilu secara keseluruhan berjalan baik," tandas dia.

Reporter : Amarullah Diansyah Editor : M.Rohali 207