Berita :: GLOBALPLANET.news

Rio Barkah dan Riesky usia mendapatkan perawatan medis usai ditembak kakinya. (Foto: Rio Siregar)

07 Januari 2019 16:51:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Sempat viral di media sosial setelah menjambret kalung seorang nenek-nenek, akhirnya dua orang pelaku dapat diamankan tim Jajaran Unit I Subdit III Jatanras Polda Sumsel. Polisi terpaksa memberikan tidakan tegas dengan menembak kakinya karena berusha merebut senpi Polisi.

Kedua pelaku yang berhasil diringkus adalah Rio Barkah dan Riesky, sementara satu pelaku lain Ardi masih dalam pengejaran Polisi.

Pelaku melancarkan aksinya Jum'at (28/12/2018) sekitar pukul 14.20 WIB saat korban Jap Giok Soaen sedang berjalan di depan rumahnya di jalan Angkatan 45 depan Lorong Persatuan, Kelurahan Demang Lebar Daun, Kecamatan IB-I Kota Palembang.

Saat itu tersangka Rio Barkah, tersangka Riesky dan tersangka Ardi (DPO) melintas dengan mengendarai dua unit sepeda motor yaitu Yamaha Scoopy dan Yamaha RX King.

Kemudian Tersangka Ardi langsung menarik kalung emas putih yang dipakai oleh korban, selanjutnya para tersangka langsung melarikan diri dengan mengendarai sepeda motornya, atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian Rp10 juta.

Berdasarkan hasil penyelidikan didapat informasi bahwa tersangka Rio Barkah sedang berada di jalan Pahlawan Kecamatan Kemuning, mengetahui hal itu team Opsnal Unit 1 Subdit 3 melakukan lidik kebenaran dari informasi tersebut.

Pada hari Jum’at tanggal 04 Januari 2019, sekitar pukul 23.00 WIB opsnal Unit 1 yang dipimpin oleh Kanit 1 Kompol Antoni Adhi, SH.MH, melakukan pengejaran ke jalan Pahlawan Kecamatan Kemuning.

Setelah sampai ternyata benar terlihat tersangka Rio sedang nongkrong di pinggir jalan, saat itu juga tersangka langsung ditangkap, setelah diintrogasi tersangka Rio mengakui perbuatannya tersebut.

Kemudian anggota Opsnal Unit 1 Subdit 3 langsung melakukan pengembangan dengan membawa Tersangka Rio untuk menunjukkan keberadaan tersangka lainnya yaitu Riesky yang berada di Jalan Harapan Jaya Kecamatan Sungai Selayur Kecamatan Kalidoni Kota Palembang.

Kemudian anggota langsung menangkap tersangka Riesky namun saat diperjalanan menuju ke mobil kedua tersangka mendorong petugas dan coba mengambil senpi petugas, sehingga kedua tersangka langsung diambil tindakan tegas dan terukur dengan menembak kaki masing-masing tersangka.

KAnit Unit I Subdit III Jatanras Polda Sumsel, Kompol Antoni Adhi SH,MH melalui Kepala Tim Unit I Subdit III Jatanras Polda Sumsel, AIPTU Heri Kusuma Jaya mengatakan.

"Kami mendapat laporan bahwa telah terjadi tindak pidana penjambretan dan memang sempat viral beberapa waktu lalu di media sosial,sehingga kita lakukan penyelidikan," ujarnya saat di temui di ruanganya, Senin (07/01/2019).

Lanjut Heri, pada saat pihaknya mendapat informasi keberadaan tersebut langsung dilakukan penangkapan terhadap tersangka Rio dan langsung dikembangkan lagi. “Sehingga kami dapat menangkap Tersangka Risky,tetapi saat kita bawa ke mobil mereka malah mendorong dan berusaha mengambil senjata anggota," tuturnya

Masih kata dia, karena berusaha melawan sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur dengan cara menembak kaki kedua tersangka.

Reporter : Rio Siregar Editor : M.Rohali 240